PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUBTEMA TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN KELAS II MI AL-IKHLAS BALEBO LUWU UTARA

MASNUR, SAFIRA ANNISA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUBTEMA TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN KELAS II MI AL-IKHLAS BALEBO LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of SAFIRA ANNISA MASNUR (PGMI 20197).pdf] Text
SAFIRA ANNISA MASNUR (PGMI 20197).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
SAFIRA ANNISA MASNUR, 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran
Subtema Tugasku Sebagai Umat Beragama Berbasis Nilai-Nilai
Keislaman Kelas II MI Al-Ikhlas Balebo Luwu Utara”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Kartini dan Mirnawati.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cetak berupa
Modul Pembelajaran subtema tugasku sebagai umat beragama berbasis nilai-nilai
keislaman kelas II MI Al-Ikhlas Balebo. Penelitian ini bertujuan; Untuk
mengetahui analisis kebutuhan modul pembelajaran subtema tugasku sebagai
umat beragama berbasis nilai-nilai keislaman; Untuk mengetahui rancangan
modul pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman; Untuk mengetahui validitas
dan praktikalitas modul pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman.
Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model 4D yang terdiri atas empat tahapan yakni; (1). Tahap
Analysis, (2). Tahap Design, (3). Tahap Development, (4). Tahap Disseminate.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Ikhlas Balebo Luwu Utara, dan yang
bertindak sebagai subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II dan
objeknya adalah modul pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrument berupa lembar wawancara dan angket siswa yang dijabarkan dengan
analisis data deskriptif. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan rumus
liker‟s.
Peneletian ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran yang
dievaluasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli bahasa sebesar 87,5% bermakna sangat
valid, ahli materi sebesar 88,8% bermakna sangat valid, dan ahli keagamaan
sebesar 90% bermakna sangat valid. Sementara itu, data hasil tingkat uji
praktikalitas mendapatkan hasil sebesar 82,5% dengan kategori sangat valid.
Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran subtema
tugasku sebagai umat beragama berbasis nilai-nilai keislaman kelas II MI Al�Ikhlas Balebo dapat dikatakan valid dan layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Nilai-Nilai Keislaman
xxiiii
ABSTRACT
SAFIRA ANNISA MASNUR, 2024. "Development of Learning Modules Sub�Theme of My Duty as a Religious Person Based on Islamic Values
Class II MI Al-Ikhlas Balebo North Luwu". Thesis of Madrasah
Ibtidaiyah Teacher Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Science, Palopo State Islamic Institute. Guided by Kartini and
Mirnawati.
This thesis discusses the development of printed teaching materials in the
form of Learning Modules, sub-themes of my duties as religious people based on
Islamic values class II MI Al-Ikhlas Balebo. This research aims; To find out the
needs analysis of the learning module subtheme of my task as a religious
community based on Islamic values; To find out the design of learning modules
based on Islamic values; To find out the validity and practicality of learning
modules based on Islamic values.
This research is a type of Research and Development (R & D) or
commonly called development research using a 4D model consisting of four
stages, namely; (1). Analysis Stage, (2). Design Stage, (3). Development Stage,
(4). Disseminate stage. This research was carried out at MI Al-Ikhlas Balebo
North Luwu, and those who acted as subjects in this study were grade II students
and the object was the learning module. Data collection techniques use
instruments in the form of interview sheets and student questionnaires which are
described by descriptive data analysis. While the data analysis technique uses
Liker's formula.
This research resulted in a product in the form of a learning module
evaluated by 3 experts, namely linguists by 87.5% meaning very valid, material
experts by 88.8% meaning very valid, and religious experts by 90% meaning very
valid. Meanwhile, the data from the practicality test level obtained results of
82.5% with a very valid category. So it can be concluded that the development of
the learning module subtheme of my task as a religious person based on Islamic
values class II MI Al-Ikhlas Balebo can be said to be valid and worthy of use.
Keywords: Development, Learning Modules, Islamic Values
xxivi
حدشٚذ٘
سفٛشة أَٛست يسُٕس، .0202 "حطٕٚش ٔحذاث انخعهى انًٕضٕع انفشعٙ نٕاخبٙ كشخض دُٙٚ عهٗ
أسبس انمٛى اإلساليٛت انذسخت انثبَٛت IM lA-lIkI s laB oa roM AwsMoh".
أطشٔحت بشَبيح دساست يعهًٙ انًذسست االبخذعبئٛت، كهٛت انخشبٛت ٔعهٕو انًعه،ًٍٛ يعٓذ
ببنٕبٕ اإلساليٙ انحكٕي.ٙ بخٕخّٛ يٍ كبسحُٙٛ ٔيٛشَبٔاح.ٙ
حُبلش ْزِ األطشٔحت حطٕٚش انًٕاد انخعهًٛٛت انًطبٕعت فٙ شكم ٔحذاث حعهًٛٛت ، ْٙٔ
يٕضٕعبث فشعٛت نٕاخببحٙ كأشخبص يخذٍُٛٚ عهٗ أسبس انمٛى اإلساليٛت يٍ انذسخت انثبَٛت IM lA-
oa roM AwsMoh. ٓٚذف ْزا انبحذ إن:ٗ نًعشفت ححهٛم احخٛبخبث انًٕضٕع انفشعٙ نٕحذة انخعهى
نًًٓخٙ كًدخًع دُٙٚ لبئى عهٗ انمٛى اإلساليٛت ؛ نًعشفت حظًٛى ٔحذاث انخعهى عهٗ أسبس انمٛى
اإلساليٛت. يعشفت طحت ٔعًهٛت ٔحذاث انخعهى انمبئًت عهٗ انمٛى اإلساليٛت.
ْزا انبحذ ْٕ َٕع يٍ انبحذ ٔانخطٕٚش )R & D )أٔ ٚسًٗ عبدة أبحبد انخًُٛت ببسخخذاو
ًَٕرج 2R ٚخكٌٕ يٍ أسبع يشاحم ، ْٙٔ ؛ )1(. يشحهت انخحهٛم ، )0(. يشحهت انخظًٛى ، )3(. يشحهت
انخطٕٚش، )2(. َشش انًشحهت. حى إخشاء ْزا انبحذ فٙ IMl A-lIkI s laB oa roM AwsMoh ،
ٔكبٌ أٔنئك انزٍٚ عًهٕا كًٕاضٛع فٙ ْزِ انذساست يٍ طالة انظف انثبَٙ ٔكبٌ انٓذف ْٕ ٔحذة انخعهى.
حسخخذو حمُٛبث خًع انبٛبَبث أدٔاث فٙ شكم أٔساق يمببهت ٔاسخبٛبَبث نهطالة ٚخى ٔطفٓب يٍ خالل ححهٛم
انبٛبَبث انٕطفٛت. بًُٛب حسخخذو حمُٛت ححهٛم انبٛبَبث طٛغت B lew.
َخح عٍ ْزا انبحذ يُخح عهٗ شكم ٔحذة حعهًٛٛت حى حمًٓٛٛب يٍ لبم 3 خبشاء ، ْٔى انهغٌٕٕٚ
بُسبت ٪5..8 بًعُٗ طحٛح خذا ، ٔخبشاء انًٕاد بُسبت ٪55.5 بًعُٗ طحٛح خذا ، ٔانخبشاء انذٌُٕٛٚ
بُسبت ٪02 بًعُٗ طحٛح خذا. ٔفٙ انٕلج َفسّ ، حظهج انبٛبَبث يٍ يسخٖٕ االخخببس انعًهٙ عهٗ
َخبئح ٪50.8 يع فئت طبنحت نهغبٚت. نزنك ًٚكٍ أٌ َسخُخح أٌ حطٕٚش انًٕضٕع انفشعٙ نٕحذة انخعهى
نًًٓخٙ كشخض يخذٍٚ عهٗ أسبس انمٛى اإلساليٛت يٍ انذسخت انثبَٛت IM lA-oa roM AwsMoh ًٚكٍ
انمٕل أَّ طبنح ٚٔسخحك االسخخذاو.
انكهًبث انًفخبحٛت: انخطٕٚش ، ٔحذاث انخعهى ، انمٛى اإلساليٛت

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:35
Last Modified: 20 Mar 2024 01:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8410

Actions (login required)

View Item View Item