MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS KEPPE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

LIRANTI, VINA (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS KEPPE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK
Vina Liranti, 2023.” Manajemen Pendidikan Karakter di MTs Keppe Kecamatan
Larompong Kabupaten Luwu.” Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Karakter di MTs Keppe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter di MTs
Keppe, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen
pendidikan karakter di MTs Keppe.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah,
Guru, dan Siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen pendidikan karakter
di MTs Keppe sesuai fungsi manajemen yaitu Perencanaan pendidikan karakter di
MTs Keppe dikoordinasikan kepada seluruh guru yang dilaksanakan di tahun
ajaran baru, pengorganisasian pendidikan karakter di MTs Keppe dilaksanakan
sesuai dengan surat keputusan (SK) dari kepala madrasah MTs Keppe kepada
seluruh guru di MTs Keppe. Pelaksanaan pendidikan karakter di luar kegiatan
pembelajaran yang diprogramkan seperti kegiatan harian meliputi membaca
asmaul husna dan membaca ayat suci Al-Qur‟an dan mengamalkannya, memberi
salam ketika bertemu guru dan teman-teman. Kegiatan mingguan, meliputi kerja
bakti, melaksanakan Yasin, zikir, do‟a, sholat dhuha, dan sholawat Nabi. Dan
kegiatan tahunan, meliputi perayaan 17 Agustus, Isra miraj, maulid nabi, 1
Muharram, Idul Fitri dan Idul Adha, evaluasi pendidikan karakter siswa di MTs
Keppe didapatkan pendidikan karakter di MTs Keppe langsung dilaksanakan oleh
kepala madrasah sendiri dengan cara langsung melihat ke lapangan. faktor
pendukung manajemen karakter di MTs Keppe adanya kolaborasi antara guru,
orang tua, dan lingkungan sekolah secara keseluruhan, dan faktor penghambat
yaitu masi ada beberapa siswa yang kurang respon atas kegiatan yang
dilaksanakan oleh pihak sekolah dan kurangnya sumberdaya yang menunjang
untuk terlaksananya kegiatan.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, dan Karakter.
xxi
ABSTRACT
Vina Liranti, 2023."Character Education Management at MTs Keppe,
Larompong District, Luwu Regency." Thesis of the Islamic Education
Management Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training at the Palopo State Islamic Institute. Guided by Taqwa and
Alimuddin.
This thesis discusses Character Management at MTs Keppe. This study
aims to determine the management of character education in MTs Keppe, and to
find out the supporting and inhibiting factors of character education management
in MTs Keppe.
The research method used is by using a descriptive qualitative research
approach. The data collection techniques used are observation, and interviews.
The subjects of this study were Vice Principals, Teachers, and Students.
The results of this study show that The management of character education
in MTs Keppe according to the management function, namely The planning of
character education in MTs Keppe is coordinated to all teachers carried out in the
new school year, the organization of character education in MTs Keppe is carried
out in accordance with a decree (SK) from the head of the MTs Keppe madrasah
to all teachers in MTs Keppe. Implementation of character education outside of
programmed learning activities such as daily activities including reading asmaul
husna and reading the holy verses of the Qur'an and practicing it, giving greetings
when meeting teachers and friends. Weekly activities, including devotional work,
performing Yasin, zikir, cult, prayer, dhuha prayer, and the Prophet's prayer. And
annual activities, including the celebration of August 17, Isra Miraj, Mawlid Nabi,
1 Muharram, Eid al-Fitr and Eid al-Adha, evaluation of student character
education at MTs Keppe obtained character education at MTs Keppe directly
carried out by the head of the madrasah himself by directly looking at the field.
supporting factors for character management in MTs Keppe there is collaboration
between teachers, parents, and the school environment as a whole, and the
inhibiting factor is that there are still some students who lack response to the
activities carried out by the school and lack of resources that support the
implementation of activities.
Keywords: Management, Education, and Character.
xxii
تجريدي
فينا ليرانتي ، .0202"إداسح رعيٌٞ اىشخصٞخ فٜ خجو مٞجٜ ، ٍْطقخ السٍٗجّ٘ح ، ىٗ٘ سٝدْس.ٜ" أطشٗحخ
ثشّبٍح دساسخ إداسح اىزشثٞخ اإلسَلٍٞخ ، ميٞخ اىزشثٞخ ٗرذسٝت اىَعيَِٞ فٜ ٍعٖذ ثبى٘ث٘
اإلسَلٍٜ اىحن.ٍٜ٘ ثز٘خٔٞ ٍِ رقٙ٘ ٗعيٌ اىذ.ِٝ
رْبقش ٕزٓ األطشٗحخ إداسح اىشخصٞبد فٜ خجو مٞج.ٜ رٖذف ٕزٓ اىذساسخ إىٚ رحذٝذ إداسح رعيٌٞ
اىشخصٞخ فٜ KMTTM epp ، ٍٗعشفخ اىع٘اٍو اىذاعَخ ٗاىَثجطخ إلداسح رعيٌٞ اىشخصٞخ فٜ خجو مٞج.ٜ
طشٝقخ اىجحث اىَسزخذٍخ ٜٕ ثبسزخذاً ٍْٖح اىجحث اىْ٘عٜ اى٘صف.ٜ رقْٞبد خَع اىجٞبّبد
اىَسزخذٍخ ٜٕ اىََلحظخ ٗاىَقبثَلد. مبّذ ٍ٘ض٘عبد ٕزٓ اىذساسخ ّ٘اة اىَذٝش ٗاىَعيَِٞ ٗاىطَلة.
رظٖش ّزبئح ٕزٓ اىذساسخ أُ 1( إداسح رعيٌٞ اىشخصٞخ فٜ خجو مٞجٜ ٗفقب ى٘ظٞفخ اإلداسح ، ٜٕٗ أ(
ٝزٌ رْسٞق رخطٞظ رعيٌٞ اىشخصٞخ فٜ خجو مٞجٜ ىدَٞع اىَعيَِٞ اىزِٝ ٝزٌ رْفٞزٌٕ فٜ اىعبً اىذساسٜ اىدذٝذ ،
ة( ٝزٌ رْظٌٞ رعيٌٞ اىشخصٞخ فٜ خجو مٞجٜ ٗفقب ىَشسً٘ )م٘سّٗب( ٍِ سئٞس ٍذسسخ خجو مٞجٜ ىدَٞع
اىَعيَِٞ فٜ خجو مٞج.ٜ 2( رْفٞز رعيٌٞ اىشخصٞخ خبسج أّشطخ اىزعيٌ اىَجشٍدخ ٍثو األّشطخ اىٍٞ٘ٞخ ثَب فٜ
رىل قشاءح أسَبء اىحسْٚ ٗقشاءح اٟٝبد اىَقذسخ ٍِ اىقشآُ ٍَٗبسسزٖب ، ٗإعطبء اىزحٞخ عْذ ٍقبثيخ اىَعيَِٞ
ٗاألصذقبء. األّشطخ األسج٘عٞخ ، ثَب فٜ رىل اىعَو اىزعجذٛ ، ٗأداء اىٞبسِٞٞ ، ٗاىزمش ، ٗاىزحيٞو ، ٗاىعجبدح
، ٗاىصَلح ، ٗصَلح اىضحٚ ، ٗصَلح اىْج.ٜ ٗاألّشطخ اىسْٝ٘خ ، ثَب فٜ رىل االحزفبه ة 11 أغسطس ،
ٗاإلسشاء اىَعشاج ، ٗاىَ٘ىذ اىْجٜ ، ٗ 1 ٍحشً ، ٗعٞذ اىفطش ٗعٞذ األضحٚ ، ٗرقٌٞٞ رعيٌٞ شخصٞخ اىطَلة
فٜ خجو مٞجٜ حصو عيٚ رعيٌٞ اىشخصٞخ فٜ خجو مٞجٜ ٍجبششح ٍِ قجو سئٞس اىَذسسخ ّفسٔ ٍِ خَله
اىْظش ٍجبششح إىٚ اىَٞذا.ُ 3( اىع٘اٍو اىذاعَخ إلداسح اىشخصٞخ فٜ خجو مٞجٜ ْٕبك رعبُٗ ثِٞ اىَعيَِٞ
ٗأٗىٞبء األٍ٘س ٗاىجٞئخ اىَذسسٞخ منو ، ٗاىعبٍو اىَبّع ٕ٘ أّٔ ال ٝزاه ْٕبك ثعض اىطَلة اىزِٝ ٝفزقشُٗ
إىٚ االسزدبثخ ىألّشطخ اىزٜ رقً٘ ثٖب اىَذسسخ ّٗقص اىَ٘اسد اىزٜ رذعٌ رْفٞز األّشطخ.
الكلمات المفتاحية: اإلداسح ٗاىزعيٌٞ ٗاىشخصٞخ

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 649.7 Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:49
Last Modified: 20 Mar 2024 01:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8413

Actions (login required)

View Item View Item