PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SD NEGERI 57 PEPABRI

ANDAYANI, FIRDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SD NEGERI 57 PEPABRI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of FIRDA ANDAYANI (PAI 2019).pdf] Text
FIRDA ANDAYANI (PAI 2019).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Firda Andayani, 2024. “Pengembangan Media Flipbook Berbasis Multimedia
pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Siswa Kelas VI SD Negeri 57 Pepabri”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K. dan Dodi
Ilham
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media flipbook berbasis
multimedia pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti siswa
kelas VI SD Negeri 57 Pepabri. Berdasarkan observasi, penelitian pengembangan
ini di latarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pendukung pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti. Penelitian ini bertujuan
mengetahui prosedur pengembangan media flipbook berbasis multimedia, untuk
mengetahui hasil uji validitas media flipbook berbasis multimedia dan hasil respon
siswa terhadap media flipbook berbasis multimedia pada pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi pekerti.
Penelitian menggunakan Research and Development (R&D) sebagai jenis
penelitian. Sedangkan model pengembangan dalam penelitian ini yaitu model
ADDIE yang terdiri dari lima tahap analysis, design, development,
implementation, and evaluation. Lokasi penelitian di SD Negeri 57 Pepabri pada
bulan September-Oktober 2023. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VI
yang berjumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
validasi untuk ahli media, lembar validasi untuk ahli materi, dan lembar angket
respon siswa. Hasil uji validitas media flipbook berbasis multimedia oleh ahli
media memperoleh nilai dengan persentase sebesar 86% (Sangat Valid/Sangat
Layak). Sedangkan hasil uji validitas media yang dilakukan oleh ahli materi
memperoleh hasil nilai dengan persentase sebesar 94% (Sangat Valid/Sangat
Layak). Respon siswa terhadap media flipbook berbasis multimedia yang
dikembangkan oleh peneliti memperoleh nilai dengan persentase sebesar 91%
yang tergolong dalam katergori (sangat layak). Dengan hasil penelitian penilaian
mendapatkan skor persentase sesuai tabel skala likert 4 di atas 80%-100% yang
berarti pada kualifikasi valid dan dinyatakan valid oleh keseluruhan. Sehingga
penilaian media flipbook berbasis multimedia dengan persentasi penilaian dapat
menjadi media pendukung pembelajaran serta dinyatakan valid.untuk digunakan
pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti siswa kelas VI SD
Negeri 57 Pepabri.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flipbook, Pendidikan Agama Islam, Budi
Pekerti.
xxiv
ABSTRACT
Firda Andayani, 2024. "Development of Multimedia-based Flipbook Media on
learning Islamic Religious Education and character of
sixth grade students of SD Negeri 57 Pepabri". Thesis of
Islamic Religious Education Study Program Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training Science State Islamic
Institute of Palopo. Directed by Nurdin K. dan Dodi
Ilham
This study discusses the development of multimedia-based flipbook media on
learning Islamic Religious Education and character of the sixth grade students of
SD Negeri 57 Pepabri. Based on observation, this development research is in the
background by the lack of use of supporting media in learning Islamic Religious
Education and Ethics. This study aims to determine the procedure for the
development of multimedia-based flipbook media, to determine the results of the
validity test of multimedia-based flipbook media and the results of student
responses to multimedia-based flipbook media on learning Islamic Religious
Education and character. Research using Research and Development (R&D) as a
type of research. While the development model in this study is ADDIE model
which consists of five stages of analysis, design, development, implementation,
and evaluation. The research location is at SD Negeri 57 Pepabri in September�October 2023. Subjects in the study were students of Class VI, amounting to 20
people. Data collection instruments used validation sheets for media experts,
validation sheets for material experts, and student response questionnaire sheets.
The results of the validity test of multimedia-based flipbook media by media
experts obtained a percentage of 86% (very Valid/very decent). While the results
of the media validity test conducted by material experts obtained the results of the
value with a percentage of 94% (very Valid/very decent). Student response to
multimedia-based flipbook media developed by researchers obtained a percentage
of 91% which is classified in the category (very decent). With the results of the
assessment research, the percentage score according to the likert 4 scale table is
above 80% -100% which means that the qualification is valid and declared valid
by the whole. So that the assessment of multimedia-based flipbook media with the
percentage of assessment can be a learning support media and is valid.for use in
learning Islamic Religious Education and character of students of Class VI SD
Negeri 57 Pepabri.
Keywords: Learning Media, Flipbook,Islamic Religious Education, Character.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:07
Last Modified: 20 Mar 2024 02:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8415

Actions (login required)

View Item View Item