STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-JIHAD BUANGIN

PRATAMA, ARIES (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-JIHAD BUANGIN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIES STOR REPOSITORY.pdf] Text
SKRIPSI ARIES STOR REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Aries Pratama, 2024. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Aqidah Akhlak di Madrasah Aliayah Al-Jihad Buangin “Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo”. Dibimbingan oleh:
(1) Prof. Dr. Muhaemin, M. A. dan (2) Dr. H. Bulu, M.Ag.
Skripsi ini adalah studi tentang strategi guru dalam meningkatkan
motivasi belajar aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-jihad Buangin. Adapun
tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan
motivasi belajar akidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin, 2) Untuk
mengetahui kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak di
Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
jenis field reaserch dan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di
Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Kab. Luwu
Utara dan waktu pelaksanaan penelitian dimulai pada tanggal 24 November
sampai Januari 2024. Subjek penelitian yaitu : Kepala Sekolah, guru aqidah
akhlak dan peserta didik. Instrumen penelitian yaitu peneliti dengan menggunakan
alat tulis, alat perekam dan handphone. Adapun teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data (reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak di
Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin meliputi: a) guru menyampaikan tujuan
pembelajaran, b) menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, c)
memberikan pujian kepada peserta didik dan d) sistem pemberian nilai/poin
kepada peserta didik. 2) Kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar
aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin meliputi: a) kurangnya minat
peserta didik, b) peserta didik sulit dikontrol dan c) sarana dan prasarana kurang
memadahi.
Kata Kunci: Strategi guru, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:40
Last Modified: 20 Mar 2024 02:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item