MUJTAHIDAH, NURUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE KREATIF PADA MATERI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 5 SALAMAE KOTA PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text
Nurul Mujtahidah.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Mujtahidah, 2023 “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Kreatif
Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 05 Salamae Kota
Palopo” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Muhammad Guntur.
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran puzzle
kreatif pada materi membaca permulaan kelas I SDN 05 Salamae kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kebutuhan media puzzle kreatif
pada materi membaca permulaan (2) Mengetahui tingkat validitas dari media
pembelajaran puzzle kreatif pada materi membaca permulaan yang dikembangkan
(3) Mengetahui tingkat praktikalitas dari media pembelajaran puzzle kreatif pada
materi membaca permulaan yang di uji cobakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain,
development, implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada
tahun 2023 dengan melibatkan 22 siswa kelas I SDN 05 Salamae. Sedangkan
objek penelitiannya adalah media pembelajaran puzzle kreatif yang dikembangkan
sesuai dengan kebutuhan siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui angket,
wawancara, dan tes kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Adapun hasil penelitian analisis kebutuhan, peneliti memperoleh data yang
pertama sebanyak 63% peserta didik menyatakan bahwa bahan ajar tidak sesuai
yang diharapkan sementara 37% menyatakan sesuai. Kedua, sebanyak 63% siswa
menyatakan sulit memahami materi membaca permulaan yang diberikan guru,
sementara 37% menyatakan tidak. Ketiga, sebanyak 95% siswa menyukai
pembelajaran dalam bentuk puzzle, sementara 5% persen menyatakan tidak.
Keempat sebanyak 73% siswa menyukai belajar secara berkelompok, sementara
27% menyatakan tidak. Kelima, sebanyak 100% atau semua siswa menyukai
pembelajaran dengan permainan. Keenam, sebanyak 68% siswa merasa cocok
dengan sumber belajar yang digunakan, sementara 32% menyatakan tidak.
Ketujuh, sebanyak 100% atau semua siswa menyatakan dengan adanya media
pembelajaran membuat siswa lebih semangat dalam pembelajaran. Media puzzle
yang dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh 2 orang ahli sebagai validator
dengan kategori diantaranya ahli desain mendapatkan nilai 73% dengan kategori
valid. Sedangkan ahli bahasa mendapatkan nilai persentase 96% dengan kategori
sangat valid. Hasil yang sangat memuaskan dan positif dengan nilai akhir yang
diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 95,09% dengan kategori sangat praktis
dan guru kelas I dengan nilai yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar
82% dengan kategori sangat praktis.
Kata kunci: Pengembangan, media puzzle, membaca permulaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.I.P. Harmayani haeruddin |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:35 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8449 |
Actions (login required)
View Item |