EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FLASHCARDHUKUM TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PALOPO

ANNUR, NAJMA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FLASHCARDHUKUM TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of SKRIPSI REVISI NAJMA ANNUR (1)[1].pdf] Text
SKRIPSI REVISI NAJMA ANNUR (1)[1].pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Najma Annur, 2024. “Efektivitas Penggunaan Flashcard Hukum Tajwid
Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI
Kelas VIII di SMPN 7 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh St. Marwiyah dan Arwan Wiratman.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penggunaan flashcard hukum tajwid
terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di
SMPN 7 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan terhadap kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah
menggunakan media flashcard hukum tajwid pada pelajaran PAI kelas VIII di
SMPN 7 Palopo dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan flashcard hukum
tajwid terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada pelajaran PAI kelas VIII
di SMP Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian ini adalah pre eksperiment dengan
model one group pre-test and post test. Adapun populasi pada penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII yang beragama Islam. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan yaitu peserta
didik kelas VIII A sebanyak 16 orang dengan pertimbangan tertentu. Data
diperoleh melalui tes hasil belajar. Selanjutnya, data yang terkumpul kemudian
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis
deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil
belajar peserta didik menggunakan flashcard hukum tajwid, ditandai dengan skor
rata-rata tes tertulis dan lisan sebelum (pretest) dan sesudah (postest) diberi
perlakuan (treatment) dengan nilai rata-rata pretest tertulis yaitu 49,69 meningkat
setelah diberikan posttest tertulis menjadi 77,50 dan nilai rata-rata pretest lisan
yaitu 59,19 meningkat setelah diberikan posttest lisan menjadi 81,13. Adapun
hasil analisis inferensial menunjukkan pada uji hipotesis bahwa H₀ diterima dan
H₁ ditolak yang berarti terdapat efektivitas penggunaan flashcard hukum tajwid
terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada pelajaran PAI kelas VIII di SMP
Negeri 7 Palopo. Uji n-gain menunjukkan bahwa flashcard hukum tajwid
dikategorikan “cukup efektif” dengan nilai rata-rata n-gain tes tertulis sebesar
56,9746% dan nilai rata-rata n-gain tes lisan sebesar 56,2785%.
Kata kunci: Flashcard Hukum Tajwid, Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:32
Last Modified: 21 Mar 2024 06:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item