PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV DI SDN 61 MARIO KAB. LUWU

KALBIYANTI, KALBIYANTI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV DI SDN 61 MARIO KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
KALBIANTI, 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis
Kearifan Lokal pada Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Kelas IV di SDN 61 Mario”.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Mandrasah Ibtidaiyah Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Nurdin K dan Dr.
Firman.
Penggunaan modul sebagai bahan ajar di sekolah merupakan hal yang tidak
asing lagi bagi tenaga pendidik. Namun terkadang pula penggunaan modul tidak
bisa dilakukan karena tidak tersedianya modul dan isi modul tidak sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisis kebutuhan, proses pengembangan serta hasil kevalidan, kepraktisan dan
efektifitas modul pembelajaran tematik bebasis kearifan lokal pada subtema
keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV di SDN 61 Mario.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan jenis
penelitian Reasearch and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik SDN 61 Mario dan objeknya adalah modul subtema keunikan daerah
tempat tinggalku. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui kegiatan observasi
dengan instrumen lembar observasi, wawancara dengan instrument tabel
wawancara, uji validasi, kepraktisan, dan efektifitas dengan angket, dan gambar
atau foto yang berupa dokumentasi.
Hasil penelitian berupa modul subtema keunikan daerah tempat tinggalku
untuk siswa kelas IV SDN 61 Mario sebagai alat bantu dalam belajar. Modul yang
telah dibuat selanjutnya melewati uji validasi oleh tiga ahli validasi ahli diantaranya
ahli materi yang mendapatkan persentase nilai 83% (valid), ahli bahasa yang
mendapatkan persentase nilai 89%, (valid), dan ahli desain yang mendapatkan
persentase nilai 83% (valid). Hasil uji kepraktisan berhasil memperoleh nilai 82%
(sangat praktis) dan hasil uji keefektifan berhasil memperoleh nilai 82% (sangat
efektif).
Kata Kunci : Pengembangan Modul, Kearifan Lokal, Keunikan Daerah
Tempat Tinggalku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:35
Last Modified: 22 Mar 2024 03:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item