KREATIVITAS GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO

JUSTI, JUSTI (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
JUSTI, 2023 : Kreativitas Guru Dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Islami Pada
Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Datok Sulaiman Putra
Palopo, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Pembimbing 1. Ibu Andi Riawarda, 2. Ibu Lilis
Suryani
Membentuk nilai-nilai Islam kepada peserta didik itu tidak mudah dan sangat
mempengaruhi perkembangan dan pemikiran peserta didik, maka dari itu guru
harus mampu kreativtas dalam melaksanakan tugasnya menggabungkan antara satu
dengan lainnya. 1) untuk mengetahui kreativitas guru kelas dalam pelaksanaan
proses pembelajaran peserta didik di MI Datok Sulaiman palopo, 2) untuk
mengetahui rancangan kreativitas guru kelas dalam menginternalisasi nilai-nilai
Islam pada proses pembelajaran peserta didik di MI Datok Sulaiman palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi yang berdasarkan
penelitian dilakukan secara langsung dilapangan dengan mengumpulkan data-data,
melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Deskripstif merupakan
mengumpulkan data berdasarkan menggambarkan dan dianalisis dan disusun dari
kata demi kata, menggambarkan fenomena yang terjadi.
Guru kreatif mampu menentukan metode pembelajaran berdasarkan kebutuhan
materi, melengkapi dan memenuhi kebutuhan pembelajaran. Media Pembelajaran,
terdiri dari dua kata, yaitu media dan pembelajaran. Kata media secara harfiah
berarti perantara atau pengantar, sedangkan kata pembelajaran diartikan sebagai
suatu kondisi untuk membantu seseorang melakukan status kegiatan belajar.
Adapun rancangan kreativitas guru kelas dalam menginternalisasikan nila-nilai
Islam yakni toleransi, saling membantu, bekerjasama, kejujuran, ketekunan, dan
bermusyawarah.
KATA KUNCI : Kreativitas Guru dan Nilai-Nilai Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:31
Last Modified: 22 Mar 2024 05:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item View Item