STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 PALOPO

HANDAYANI, ARISKA SRI (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ariska Sri Handayani, 2022. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I dan Hasriadi S.Pd.,
M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri
4 Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru
dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo, 2)
Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar siswa
kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang akan menggambarkan
fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi,
wawancara (guru Pendidikan Agama Islam dan siswa) dan dokumentasi. Teknik
Analisis data yang digunakan melalui reduksi data penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder
dimana data primer yaitu data yang di dapatkan secara lansung dari guru
pendidikan agama Islam dan siswa, kemudian data sekunder yaitu data yang di
dapatkan secara tidak langsung berupa dokumen sekolah, dokumen guru, dan
data-data yang terkait dengan penelitian. Adapun pengecekan keabsahan data
yang digunakan yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas XI di
SMA Negeri 4 Palopo yaitu strategi pembelajaran ekspositori dalam penerapan
memberikan metode yang bervariasi dalam pembelajaran dan memanfaatkan
sarana seperti LCD untuk memutar video tentang kisah nabi. 2) Faktor-faktor
yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo,
yaitu faktor Internal dan eksternal, faktor internal meliputi kurangnya kesadaran
siswa dalam belajar, kemudian faktor eksternal kurangnya sarana seperti LCD
untuk digunakan dalam pembelajaran
Kata kunci: Strategi Guru, Kejenuhan, Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:38
Last Modified: 22 Mar 2024 05:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8469

Actions (login required)

View Item View Item