PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI SIKAP TOLERANSI DI SMP NEGERI 8 PALOPO

ANISA, NAFRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI SIKAP TOLERANSI DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
NAFRI ANISA, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) Berbasis Lectora Inspire Materi Sikap Toleransi di
SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh H Hasbi dan
Hasriadi.
.Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam guru lebih cendrung menggunakan buku cetak, metode
ceramah, dan jarang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam
menyampaikan materi, sehingga siswa mengalami kejenuhan dalam proses
belajar. Peneliti memilih pengembangan media pembelajaran pendidikan agama
Islam berbasis Lectora Inspire sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Salah
satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran
khususnya pada materi sikap toleransi adalah Lectora Inspire. Lectora Inspire
merupakan program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi dan
media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran pendidikan agama Islam
menggunakan Lectora Inspire materi sikap toleransi di SMP Negeri 8 Palopo
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and
Development (RD). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu analisis
(Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 8 Kota Palopo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII yang
berjumlah 23 orang. Untuk mengetahui kelayakan produk, peneliti menyebar
angket kepada validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta angket
praktikalitas dan angket minat belajar kepada siswa kelas VIII.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran PAI
berbasis Lectora Inspire di SMP Negeri 8 Palopo telah berhasil melalui beberapa
tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi dan tahap
evaluasi. Proses validasi dinyatakan semua valid dengan perolehan skor 58% oleh
ahli media, 76,6% oleh ahli materi dan 75% oleh ahli bahasa. Memenuhi kriteria
praktis dengan skor 75% oleh pendidik dan 88,6% oleh peserta didik dan nilai
efektivitas sebesar 75% dengan kategori efektif, sehingga penggunaan Lectora
Inspire pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi sikap tolerasni
dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran..
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Sikap Toleransi.
xix
ABSTRACT
NAFRI ANISA, 2022. "Development of Islamic Religious Education (PAI)
Learning Media Based on Lectora Inspire Material on
Attitudes of Tolerance at SMP Negeri 8 Palopo". Thesis of the
Islamic Religious Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training. Palopo State Islamic Institute.
Supervised by H Hasbi and Hasriadi.
.The reality in the field shows that in Islamic religious education learning
teachers tend to use printed books, lecture methods, and realy use technology�based learning media in delivering material, so that student experience boredem
in the learning process. The researcher chose the development of Islamic
religious education learning media based on Lectora Inspire as a solution to the
problem. One of the applications that can be used to create learning media,
especially for tolerance attitude material, is Lectora Inspire. Lectora Inspire is an
application program that can be used to create presentations and learning media.
This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of Islamic
religious education learning media using Lectora Inspire for tolerance attitude
material in State Junior High School 8 Palopo.
This research is of the Research and Development (R&D) type. This
research uses the ADDIE model, which consists of analysis, design, development,
implementation, and evaluation. The research was conducted at State Junior High
School 8 Palopo with 23 eighth-grade students as the research subjects. To assess
the product's feasibility, the researcher distributed questionnaires to content
experts, media experts, and language experts, as well as practicality and learning
interest questionnaires to eighth-grade students.
The results of the research indicate that the development of PAI learning
media based on Lectora Inspire at State Junior High School 8 Palopo has been
successful through several stages, including the analysis stage, design stage,
implementation stage, and evaluation stage. The validation process yielded
positive results, with a score of 58% by media experts, 76.6% by content experts,
and 75% by language experts. The product met practicality criteria, scoring 75%
by educators and 88.6% by students, and had an effectiveness score of 75%,
categorized as effective. Therefore, the use of Lectora Inspire in Islamic Religious
Education for tolerance attitude material is considered suitable for the learning
process.
Keywords: Learning Media, Lectora Inspire, Tolerance Attitude.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:15
Last Modified: 22 Mar 2024 06:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item