PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA SUB TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SDN III BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU

NIRWANA, NIRWANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA SUB TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SDN III BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nirwana, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi
pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas IV SDN 111 Batusitanduk
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edhy Rustan dan Hj. Salmilah.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan media
pembelajaran berbasis video animasi pada subtema jenis-jenis pekerjaan, (2)
untuk mengetahui desain media pembelajaran berbasis video animasi pada
subtema jenis-jenis pekerjaan, (3) untuk mengetahui validitas media pembelajaran
berbasis video animasi pada subtema jenis-jenis pekerjaan, (4) untuk mengetahui
praktikalitas media pembelajaran berbasis video animasi pada subtema jenis-jenis
pekerjaan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research
and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian kali ini hanya sampai
pada tahap ke-4 yaitu Implementation. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN
111 Batusitanduk dengan menggunakan beberapa instrumen seperti pedoman
wawancara guru, angket siswa kemudian dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif.
Untuk mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar yang berupa media
pembelajaran pada penelitian ini disusun dan dikembangkan sesuai dengan model
ADDIE. Untuk mengetahui desain produk ini dilakukan melalui dua tahap yaitu:
(1) memilih dan menetapkan software yang digunakan. (2) merancang materi,
desain tampilan, selanjutnya pembuatan media pembelajaran. Untuk mengetahui
kevalidan produk yang dikembangkan, selanjutnya divalidasi oleh 3 validator
yakni validator materi, validator desain, dan validator bahasa. Hasil validasi
kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan
bernilai sangat valid. Hal tersebut dibuktikan dengan kevalidan materi diperoleh
persentase 88,8% masuk dalam kategori sangat valid, kevalidan desain diperoleh
persentase 95,5% masuk dalam kategori sangat valid, serta kevalidan bahasa
diperoleh persentase 85% yang artinya masuk dalam kategori sangat valid. Untuk
mengetahui praktikalitas produk ini selanjutnya memberikan angket kepada guru
kelas dan peserta didik yang dimana didalam angket tersebut terdapat lembar
penilaian terhadap produk. Hasil praktikalitas produk oleh guru kelas diperoleh
persentase 89,2% dengan kategori sangat praktis, selanjutnya hasil praktikalitas
produk dari peserta didik diperoleh persentase 83,8% dengan kategori sangat
praktis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media
pembelajaran berbasis video animasi pada subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas
IV SDN 111 Batusitanduk Kabupaten Luwu yang peneliti kembangkan sudah
memenuhi kriteria valid dan praktis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Video Animasi, Materi Jenis-jenis Pekerjaan.
xxv
ABSTRACT
Nirwana, 2023, "Development of Learning Media Using Animated Video Taxis on the
Sub- theme of Types of Work in Class IV of SDN 111 Batusitanduk, Luwu
Regency". Thesis for the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute,
Supervised by Edhy Rustan and Hj . Salmilah
This research aims to (1) determine the analysis of the need for learning media
made from animated videos on the sub- themes of types of work. (2) to determine the
design of animated video- based learning media in the sub- themes of types of work, (3) to
determine the validity of animated video- based learning media in the sub- themes of
types of work, (4) to determine the practicality of animated video- based learning media
in the sub- themes of types of work. -type of work. This type of research uses Research
and Development (R&D) research. This research uses the ADDIE development model
which consists of 5 stages, namely, Analyze. Design, Development, Implementation, and
Evaluation. However, in this research, we only reached stage 4, namely Implementation.
This research was conducted in class IV at SDN 111 Batusitanduk using several
instruments such as gun interviews, student questionnaires and then analyzed
qualitatively and quantitatively.
To find out the analysis of needs for teaching materials in the form of learning
media in this research, they were prepared and developed according to the ADDIE
model. To find out the product design, this is done through two stages, namely: (1)
selecting and determining the software to be used. (2) designing material, display design,
then creating learning media. To determine the validity of the product being developed, it
is then validated by 3 validators, namely material validator, design validator and
language validator. The validation results are then analyzed to determine the validity of
the product which has been totaled and has a very valid value. This is proven by the
validity of the material, a percentage of 88.8% is included in the very valid categories.
The percentage of design validity was obtained at a percentage of 95.5%, which is in the
very valid category, and the language validity was obtained at a percentage of 85%,
which means it is in the very valid category. To find out the practicality of this product,
then give a questionnaire to class members and students, where in the questionnaire there
is an assessment sheet for the product. The results of product practicalitas by the class
teacher obtained a percentage of 89.2% in the very category. practical, then the results of
validation of students' sari products obtained a percentage of 83.8% in the very practical
category. Based on this, it can be concluded that the development of animated video�based learning media in the types of work sub theme in class IV of SDN 111
Batusitanduk, Luwu Regency that the researchers developed has met the valid and
practical criteria.
Keywords: Animation Video Learning Media, Mater Types of Work.
xxvi
شالسفقشن
ىهقصشىشو 2023ز " حثىلثةالشىلشى ةثيهش حثةالمثشتشقشى الثقالشسهس رهيثخ شىةهةشسه حشيش سعالفثةش تثىهس -
تثىهس حجثنثقتششى يه9 نثمشس هر سىي 111 الشفعسهفشىيعن نشالعحشفثى مععصع"ز
سنقهحسه حقخلقشة سفعيه حثقىيهيهنششى لعقع ةشيقشسشا هالفهيشهغشا بشنعمفشس فشقالهغشا
يشى مهةع نثلعقعشى هىسفهفعف شلشةش هسمشة ىثلثقه حشمخحخز يهالهةالهىل مخثا ثياغ
قعسفشى يشى اتز سشمةمهشا
حثىثمهفهشى هىه الثقفعتعشى عىفعنو )1( عىفعن ةثىلثفشاعه شىشمهسهس نثالعفعاشى ةثيهش
حثةالمثشتشقشى الثقالشسهس رهيثخ شىهةشسه حشيش سعالفثةش تثىهس-تثىهس حثنثقتششىو )2( عىفعن ةثىلثفشاعه
يثسشهى ةثيهش حثةالمثشتشقشى الثقالشسهس رهيثخ شىهةشسه حشيش سعالفثةش تثىهس-تثىهس حثنثقتششىو )3( عىفعن
ةثىلثفشاعه رمشهيهفشس ةثيهش حثةالمثشتشقشى الثقالشسهس رهيثخ شىهةشسه حشيش سعالفثةش تثىهس-تثىهس
حثنثقتششىو )4( عىفعن ةثىلثفشاعه حقشنفهنشمهف شس ةثيهش حثةالمثشتشقشى الثقالشسهس رهيثخ شىهشةسه حشيش
سعالفثةش تثىهس -تثىهس حثنثقتششىز تثىهس حثىثمهفهشى هىه ةثىللعىشنشى حثىثمهفهشى حثىلثةالشىلشى قثسثشقؤا شىي
يثرمثخحةثىف )ق&ي(ز حثىثمهفهشى هىه ةثىللعىشنشى ةخيثم حثىلثةالشىلشى شييهث غشىل فثقيهقه يشقه 5 فشاشحشى
غشهفغعو شىشمغئثو يثسهلىو يثرمثخحةثىفو يشى ثرمشعشفهخىز ىشةعى حشيش نث 4- غشهفع هةْحثةثىفشفهىز حثىثمهفهشى
هىه يهمشنعنشى يه نثمشس هر سيالى 111 الشفعسهفشىيع8ن يثىلشى ةثىللعىشنشى الثالثقشحش هىسفقعةثى سثحثقفه
صشصشىؤشقش لعقعو شىلنثف سهسصشو نثةعيهشى يهشىشمهسهس سثؤشقش نعشمهفشفهب يشى نعشىفهفشفهبز
عىفغعن ةثىلثفشاعه شىشمهسهس نثالعفعاشى الشاشى شتشق غشىل الثقعحش ةثيهش حثةالمثشتشقشى
حشيش حشيش حثىثمهفهشى هىه يهسعسعى يشى يهنثةالشىلرنشى سثسعهش يثىلشى ةخيثم شييهثز عىفعن ةثىلثفشاعه
يثسشهى حقخيعن هىه يهمشنعنشى ةمثشمعه يعش فشاشح غ شهفع: )1( ةثةمهها يشى ةثىثفشحنشى سخبفصشقث غشىل
شنشى يهلعىشنشىز )2( ةثقشىؤشىل ةشفثقهو يثسشهى فشةحهمشىو سثمشىتعفىغش حثةالهعشفشى ةثيهش حثةالمثشتشقش ىز
عىفعن ةثىلثفشاعه نثرمشهيشى حقخيعن غشىل يهنثةالشىلنشى و سثمشىتعفىغش يهرمشهيشسه مخثا 3 رمشهيشفخق غشنىه
رمشهيشفخق ةشفثقهو رمشهيشفخق ةثيهشو يشى رمشهيشفخق الشاشسشز اشسهم رمشهيشسه نثةعيهشى يهشىشمهسس عىفعن
ةثىلثفشاعه نثرمشهيشى حقخيعن غشىل فثمشا يهفخفشمنشى يشى الثقىهمشه سشىلشف حثقسثىفغشسث %88 8 ةشسعن
يشمشة نشفثلخقه رمشهي يشى سشىلشف رمشهيو نثرمشهيشى يثسشهى يهحثقخمثا حثقسثىفشسث 95و%5 ةشسعن يشمشة
نشفثلخقه رمشهي يشى سشىلشف رمشهيو سثقفش نثرمشهيشىال الشاشسش يهحثقخمثا حثقسثىفشسث %85 غشىل شقفهىغش
ةشسعن يشمشة نشفثلخقه رمشهي يشى سشىلشف رمشهيز عىفعن ةثىلثفشاعه حقشنغفهنشمهفشس حقخيعن هىه سثمشىتعفىغش
ةثةالثقهنشى شىلنثف نثحشيش لعقع نثمشس يشىال حثسثقفش يهيهن غشىل يهةشىش يشمشة شىلنثف فثقسثالعف
فثقيشحشف حثىهمشهشى فثقاشيشح حقخيعنز اشسهم رمشهيشسه حقخيعن مخثا لرعقع نثمشس يهحثقخمثا حثقسثىفشسث
89و%2 يثىلشى نشفثلخقه سشىلشف حقشنفهسو سثمشىتعفىغش اشسهم رمشهشيسه حقخيعن يشقه حثسثقفش يهيهن
يهحثقخمثا حثقسثىفشسث 83و%8 يثىلشى نشفثلخقه سشىلشف حقشنفهسز الثقيشسشقنشى اشسه اشم فثقسثالعف
يشحشف يهسهةحعمشىن الشاصش حثىلثةالشىلشى ةثيهش حثةالمثشتشقشى الثقالشسهس رهيثخ شىهةشسه حشيش
سعالفثةش تثىهس-تثىهس حثثنثقتششى يه نثمشس هر سىي 111 الشفعسهفشىيعن نشالعحشفثى معصع غشىل حثىثمهفه
نثةالرشىلنشى سعيشا ةثةثىعاه نقهفثقهش رمشهي يشى حقشنفهسز
نشفش نعىؤه: ةثيهش حثةالمثشتشقشى رهيثخ شىهةشسهو ةشفثقه تثىهس -تثىهس حثنثقتششىز

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:19
Last Modified: 22 Mar 2024 06:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item View Item