UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DI TK AISYIYAH BUSTANULATHFAL I KOTA PALOPO

UTAMI, PUTRI (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DI TK AISYIYAH BUSTANULATHFAL I KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Utami, 2023. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengenalan
Huruf Hijaiyah Melalui Penerapan Media Audio Visual Di
Tk Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh Nur Rahmah Dan Pertiwi
Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan
Kemampuan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Penerapan Media Audio Visual
Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun
menggunakan media audio visual di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Palopo .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model kurt
lewin. Dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II
terdiri dari 3 kali Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
yaitu menerapkan proses belajar mengajar menggunakan media audio visual untuk
meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak yang diperoleh dari hasil
observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian dengan
menggunakan lembar observasi guru dan anak. Adapun Prosedur penelitian ini
meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus pertama setelah diberikan
tindakan dipertemuan pertama sampai ketiga, terlihat peningkatan tidak terlalu
signifikan yaitu pada siklus I hasil rata-rata presentase 60%. Perkembangan
pengenalan huruf hijaiyah anak pada siklus I, terdapat 1 orang anak dikategorikan
(Berkembang sesuai harapan), 6 orang anak (Mulai berkembang) dan 13 orang
anak masih (Belum berkembang). Setelah melakukan tindakan pada siklus II
perkembangan anak mengalami peningkatan sebesar hasil rata-rata presentase
85% dengan kriteria berkembang sangat baik (Berkembang sangat baik) ada 17
orang anak dan yang termasuk (Berkembang sesuai harapan) berjumlah 3 orang
anak.
Kata kunci: huruf hijaiyah, Media Audiovisual
xxiii
ABSTRACT
Putri Utami, 2023. "Efforts to Improve the Ability to Recognize Hijaiyah Letters
Through the Application of AudioVisual Media at the
Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten, Palopo City."
Thesis for Early Childhood Islamic Education Study
Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training,
Palopo State Islamic Institute. Supervised by Nur Rahmah
and Pertiwi Kamariah Hasis
This thesis discusses efforts to improve the ability to recognize Hijaiyah
letters through the application of audio-visual media at Aisyiyah Bustanul Athfal I
Kindergarten, Palopo City. This research aims to improve the ability to recognize
hijaiyah letters in children aged 5-6 years using audiovisual media at Aisyiyah
Bustanul Athfal I Kindergarten, Palopo City.
This type of research is classroom action research (CAR) using the Kurt
Lewin model. With 2 cycles, namely cycle I consisting of 3 meetings and cycle II
consisting of 3 meetings. The data collection technique used by researchers is
implementing a teaching and learning process using audiovisual media to
improve children's letter recognition abilities obtained from the results of
observation and documentation. Researchers used research instruments using
teacher and child observation sheets. The research procedures include planning,
implementation, observation and reflection stages
The results of the research showed that in the first cycle after the action
was given at the first to third meetings, the improvement was not very significant,
namely in the first cycle the average percentage result was 60%. The development
of children's hijaiyah letter recognition in cycle I, there was 1 child categorized as
(Developing according to expectations), 6 children (Starting to develop) and 1
child still (Not yet developing). After taking action in cycle II, children's
development experienced an increase of 85%, with the criteria being very well
developed (Developing very well) there were 17 children and those included
(Developing according to expectations) were 3 children.
Keywords: hijaiyah letters, Audiovisual Media
xxiv
خلصخ
ثٕتش٘ أٔتبي،ٙ .0202 "رٕٓد نتحغٍٛ انمذسح ػهٗ انتؼش ػهٗ حشٔ انحزٛخ
يٍ خلل تطجٛك انٕعبئط انغًؼٛخ ٔانجصشٚخ فٙ سٔضخ ػبئؾخ ثغتبَٕل األطفبل،
يذُٚخ ثبنٕث.ٕ" أطشٔحخ نجشَبيذ دساعخ انتشثٛخ اإلعليٛخ فٙ يشحهخ انطفٕنخ
انًجكشح، كهٛخ انتشثٛخ ٔتذسٚت انًؼه،ًٍٛ يؼٓذ ثبنٕثٕ اإلعليٙ انحكٕي.ٙ إؽشا
َٕس سحًخ ٔثشتٕ٘ٛ لًشٚخ حغٛظ
تُبلؼ ْزِ األطشٔحخ انزٕٓد انًجزٔنخ نتحغٍٛ انمذسح ػهٗ انتؼش ػهٗ
حشٔ انحزٛخ يٍ خلل تطجٛك انٕعبئط انغًؼٛخ ٔانجصشٚخ فٙ سٔضخ ػبئؾخ
ثغتبَٕل األطفبل األٔنٗ ثًذُٚخ ثبنٕث.ٕ ٓٚذ ْزا انجحج إنٗ تحغٍٛ انمذسح ػهٗ
انتؼش ػهٗ حشٔ انحزٛخ نذٖ األطفبل انزٍٚ تتشأس أػًبسْى ثٍٛ 6-5
عُٕاد ثبعتخذاو انٕعبئط انغًؼٛخ ٔانجصشٚخ فٙ سٔضخ ػبئؾخ ثغتبَٕل األطفبل
األٔنٗ ثًذُٚخ ثبنٕثٕ
ْزا انُٕع يٍ انجحج ْٕ ثحج إرشائٙ فٙ انفصم انذساعٙ ثبعتخذاو
ًَٕرد كٕسد ن.ٍٕٚ يغ دٔست،ٍٛ انذٔسح األٔنٗ تتكٌٕ يٍ حلحخ ارتًبػبد
ٔانذٔسح انخبَٛخ تتكٌٕ يٍ حلحخ ارتًبػبد. إٌ تمُٛخ رًغ انجٛبَبد انتٙ ٚغتخذيٓب
انجبحخٌٕ ْٙ تُفٛز ػًهٛخ انتؼهٛى ٔانتؼهى ثبعتخذاو انٕعبئط انغًؼٛخ ٔانجصشٚخ
نتحغٍٛ لذساد األطفبل ػهٗ انتؼش ػهٗ انحشٔ ٔانتٙ تى انحصٕل ػهٓٛب يٍ
َتبئذ انًلحظخ ٔانتٕحٛك. اعتخذو انجبحخٌٕ أدٔاد انجحج ثبعتخذاو أٔساق يشالجخ
انًؼهى ٔانطفم. ٔتؾًم إرشا اد انجحج يشاحم انتخطٛط ٔانتُفٛز ٔانًلحظخ
ٔانتفكٛش
أظٓشد َتبئذ انجحج أَّ فٙ انذٔسح األٔنٗ ثؼذ تمذٚى اإلرشا فٙ
اَرتًبػبد األٔنٗ إنٗ انخبنخخ، نى ٚكٍ انتحغٍ كجٛ ًشا رًذا، أ٘ فٙ انذٔسح األٔنٗ
كبٌ يتٕعط انُغجخ انًئٕٚخ نهُتٛزخ .٪62 تطٕس انتؼش ػهٗ حشٔ انحزٛخ نذٖ
األطفبل فٙ انذٔسح األٔن،ٗ كبٌ ُْبن طفم ٔاحذ يصُف ػهٗ أَّ )ٚتطٕس حغت
انتٕلؼبد(، 6ٔ أطفبل )ٚجذأٌٔ فٙ انًُٕ(، ٔطفم ٔاحذ َ ٚضال )نى ٚتطٕس ثؼذ(.
ثؼذ اتخبر اإلرشا اد فٙ انذٔسح انخبَٛخ، ؽٓذ ًَٕ األطفبل صٚبدح ثُغجخ ،%85 يغ
طفلً تطٕٚش انًؼبٛٚش ثؾكم رٛذ نهغبٚخ )انتطٕس ثؾكم رٛذ نهغبٚخ( ٔكبٌ ُْبن 77
ٔكبٌ انًؾًٕنٌٕ )انتطٕس ٔفمب نهتٕلؼبد( 2 أطفبل ً
انكهًبد انًفتبحٛخ: انحشٔ انٓزبئٛخ، اإلػلو انغًؼٙ انجصش٘

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
300 Ilmu sosial > 372.623 Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:27
Last Modified: 22 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item