MIKA, MIKA (2024) “Pelaksanaan Model Pembelajaran Kepesantrenan sebagai Pengembangan Karakter di Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text
SKRIPSI MIKA (1802010184).pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mika, 2024. “Pelaksanaan Model Pembelajaran Kepesantrenan sebagai
Pengembangan Karakter di Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian
Putra Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Pertiwi Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan model pembelajaran
kepesantrenan sebagai pengembangan karakter di Pesantren Modern Datok
Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan. 1) untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kepesantrenan sebagai
pengembangan karakter di pesantren modern datok sulaiman Bagian putra kota
palopo. 2) untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat model
pembelajaran kepesantrenan sebagai pengembangan karakter di Pesantren
Modern Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pendekatan
kualitatif yaitu mendeskripsikan keadaan objek penelitian pada saat sekarang
berdasarkan fakta-fakta yang ada atau sebagaimana adannya. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan yaitu merangkum data yang telah didapatkan,
menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Model Pembelajaran
kepesantrenan di Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo
dilakukan pada jam pembelajaran pesantren dimulai. Kegiatan pembelajaran
kepesantrenan merupakan program-program yang menunjang pada pembentukan
nilai-nilai karakter santri yang lebih baik, dimana santri diajarkan untuk taat
beribadah, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, hidup sederhana, kreatif dan
berbagai kegiatan-kegiatan atau rutinitas lainnya yang dilakukan. 2) Faktor
pendukung yaitu dalam melakukan berbagai aktivitas santri baik dari proses
belajar mengajar di Pesantren maupun luar pesantren/kepesantrenan, dimana pada
suasana lingkungan di Pesantren dapat membuat santri nyaman aman dalam
melakukan berbagai kegiatan atau rutinitas. Rutinitas yang santri lakukan di
Pesantren merupakan pembiasaan hidup sehari-hari seperti salat, puasa, mengaji,
sopan santun, menjaga kebersihan, dan lain-lain yang akan melekat pada diri
santri. Beberapa faktor yang menghambat santri dalam belajar adalah
keterlambatan datang ke masjid, rasa ngantuk, sehingga selalu ditegur oleh
ustadz, lupa membawa buku dan alat tulis, dan kurangnya motivasi dalam
pembelajaran. Faktor inilah yang dapat mempengaruhi lambatnya proses
pembelajaran sehingga mengakibatkan proses pembelajaran itu tidak maksimal
dalam belajar.
Kata kunci: model pembeljaran kepesantrenan, pengembangan karakter.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.I.P. Harmayani haeruddin |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 00:18 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 00:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8499 |
Actions (login required)
View Item |