KUALITAS PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

SUDARMIN, MIGFTAHUDDIN (2023) KUALITAS PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of SKRIPSI REPOSITORY.pdf] Text
SKRIPSI REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahuddin Sudarmin, 2023. Kualitas Pelayanan Pencatatan Nikah di Kantor
Urusan Agama Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Skripsi
Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhammad Tahmid Nur dan Sabaruddin.
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan masyarakat mengenai
kualitas pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan
Sabbang terkait sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang layanan.
Pokok permasalahan pada skripsi ini adalah 1) Kualitas sumber daya manusia di
Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang, 2) Kualitas sarana prasarana di
Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang, dan 3) Kendala dan solusi kualitas
pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas sumber daya manusia, kualitas
sarana prasarana, kendala dan solusi kualitas pelayanan pencatatan nikah di
Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Jenis
penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan
di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang. Subjek dalam penelitian ini adalah
Kepala Kantor Urusan Agama, Pengadministrasi, Operator SIMKAH dan
masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia di
Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang belum maksimal dikarenakan
kurangnya pelatihan yang diberikan dan masih banyak pegawai yang belum
menguasai teknologi. Kualitas sarana prasarana yang ada belum memadai dan
masih terdapat banyak kekurangan baik sarana operasional, fasilitas fisik dan
sarana pendukung lainnya. Kendala utama kualitas pelayanan pencatatan nikah
adalah kurangnya sumber daya manusia sebagai pemberi layanan dan sarana
prasarana dalam menunjang pelayanan belum terpenuhi dengan baik. Solusinya
adalah mengajukan penambahan pegawai agar lebih maksimal dalam memberikan
layanan dan permohonan anggaran untuk melengkapi sarana prasarana yang ada
di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pencatatan, Nikah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Keluarga
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 26 Mar 2024 00:31
Last Modified: 26 Mar 2024 00:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8513

Actions (login required)

View Item View Item