PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR MELALUI KUIS INTERAKTIF TERINTEGRASI REWARD AND PUNISHMENT DI SDN 358 PENGKASALU

HS, NAWAN WULAN (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR MELALUI KUIS INTERAKTIF TERINTEGRASI REWARD AND PUNISHMENT DI SDN 358 PENGKASALU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nawan Wulan HS., 2023 “Peningkatan Kemampuan Menghitung Luas dan
Keliling Bangun Datar Melalui Kuis Interaktif Terintegrasi Reward and
Punishment di SDN 358 Pengkasalu”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan
Nurwahida.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah proses dan hasil
penerapan metode kuis interaktif terintegrasi reward and punishment dapat
meningkatkan hasil belajar matematika terkait menghitung luas dan keliling
bangun datar di kelas VI SDN 358 Pengkasalu.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VI SDN 358 Pengkasalu dengan jumlah siswa 21 orang. Data diperoleh dari
observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil
belajar matematika siswa dengan materi luas dan keliling bangun datar mengalami
peningkatan yaitu 13 siswa yang tuntas atau dengan persentase 62% sedangkan
masih terdapat 8 siswa yang tidak tuntas atau dengan persentase 38%. Siklus II
diperoleh 18 siswa yang tuntas atau dengan persentase 86% sedangkan masih
terdapat 3 siswa yang tidak tuntas atau dengan persentase 14%. Dari hasil
penelitian ini Kemampuan Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar Melalui
Kuis Interaktif Terintegrasi Reward and Punishment dapat meningkatkan hasil
belajar matematika kelas VI SDN 358 Pengkasalu.
Kata Kunci : Bangun Datar, Kuis Interaktif, Reward and Punishment
xxiii
ABSTRACT
Nawan Wulan HS., 2023 "Increasing the Ability to Calculate the Area and
Perimeter of Flat Buildings Through Reward and Punishment Integrated
Interactive Quizzes at SDN 358 Pengkasalu". Thesis for Madrasah
Ibtidayah Teacher Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by
Nasaruddin and Nurwahida.
This research aims: to find out whether the process and results of
implementing the interactive quiz method integrated with reward and punishment
can improve mathematics learning outcomes related to calculating the area and
perimeter of flat shapes in class VI at SDN 358 Pengkasalu.
This research uses the Classroom Action Research (PTK) method, which is
carried out in two cycles. The subjects in this research were class VI students at
SDN 358 Pengkasalu with a total of 21 students. Data is obtained from
observation, documentation and tests.
The results of this research show that in the first cycle, students'
mathematics learning outcomes with the material area and perimeter of flat
shapes increased, namely 13 students who completed it or with a percentage of
62%, while there were still 8 students who did not complete it or with a
percentage of 38%. In cycle II, 18 students completed it or with a percentage of
86%, while there were still 3 students who did not complete it or with a
percentage of 14%. From the results of this research, the ability to calculate the
area and perimeter of flat shapes through interactive quizzes integrated with
reward and punishment can improve mathematics learning outcomes for class VI
SDN 358 Pengkasalu.
Keywords: Flat Building, Interactive Quiz, Reward and Punishment

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.623 Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Mar 2024 00:42
Last Modified: 26 Mar 2024 00:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8515

Actions (login required)

View Item View Item