IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER TEST (FTT) PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMAN 5 PALOPO

FAJERIANTI, FAJERIANTI (2024) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER TEST (FTT) PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMAN 5 PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of FAJERIANTI.pdf] Text
FAJERIANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fajerianti, 2024. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Instrumen Four
Tier Test (FTT) pada Materi Eksponen Kelas X SMA Negeri 5
Palopo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing (I) Hj.
Salmiah, Pembimbing (II) Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana gambaran deskriptif miskonsepsi yang
terjadi pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palopo pada materi eksponen
ditinjau dari instrumen Four Tier Test, dan penyebab terjadinya miskonsepsi pada
siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palopo pada materi eksponen.
Pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi siswa kelas X IPA 1
SMAN 5 Palopo, sedangkan data sekunder seluruh data yang berkaitan dengan
penelitian berupa dokumen, artikel, buku dan lain-lain
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Gambaran deskriptif miskonsepsi
yang terjadi pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palopo pada materi
eksponen ditinjau dari instrumen four tier test yaitu dikategorikan berdasarkan
miskonsepsi siswa meliputi; Miskonsepsi siswa berkemampuan tinggi mengalami
miskonsepsi. Miskonsepsi ini didasarkan atas kesalahan dalam mempelajari fakta�fakta atau kejadian dalam sistem terorganisir. Miskonsepsi siswa berkemampuan
sedang, juga mengalami miskonsepsi pada soal pemecahan masalah yang
berkaitan dengan bentuk pangkat, dalam materi eksponen. Miskonsepsi siswa
berkemampuan rendah, mengalami miskonsepsi yang salah dalam membedakan
unsur-unsur yang ada pada suatu konsep eksponen, seperti salah dalam
memahami untuk merasionalkan penyebut bentuk akar dan mengubah bentuk akar
ke bentuk pangkat pecahan. 2. Penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas
X IPA SMA Negeri 5 Palopo pada materi eksponen berasal dari dalam diri siswa
itu sendiri yaitu meliputi, konsep awal yang salah dan motivasi belajar
matematika siswa yang kurang.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Siswa, Four Tier Test, dan Materi Eksponen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 26 Mar 2024 00:46
Last Modified: 26 Mar 2024 00:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item