AFRIANTO, FAJAR (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text
FAJAR AFRIANTO.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fajar Afrianto, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh: Munir Yusuf dan Ismail.
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kolaboratif
jenis problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui
model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Palopo; (2)
Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan
model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 3 Palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap
siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Palopo tahun ajaran
2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian meliputi lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi siswa, lembar kerja
siswa, dan soal tes. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pelaksanaan pembelajaran melalui
model pembelajaran kolaboratif jenis problem based learning telah terlaksana
dengan baik, hal tersebut didasarkan pada pengamatan selama proses
pembelajaran. Sebagaimana hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada
siklus I nila rata-rata 49 dengan persentase keberhasilan 81,66% kriteria baik,
pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 54,5 dengan persentase
keberhasilan 90,8% kriteria amat baik. Selanjutnya hasil observasi aktivitas siswa
pada siklus I nilai rata-rata 28 dengan persentase keberhasilan 70% kriteria cukup,
dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 35,5 dengan persentase
keberhasilan 88,5% kriteria baik; (2) kemampuan berpikir kritis setelah model
pembelajaran kolaboratif jenis problem based learning diterapkan, pada siklus I
nilai rata-rata 66,2 dengan persentase ketuntasan 53,6%, dan pada siklus II
meningkat dengan nilai rata-rata 82,6 dengan persentase ketuntasan 89,2%.
Kata Kunci: Kolaboratif, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.I.P. Harmayani haeruddin |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 01:01 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 01:01 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8524 |
Actions (login required)
View Item |