EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS V SDN 358 PENGKASALU KECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU

FIRDA, FIRDA (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS V SDN 358 PENGKASALU KECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of SKRIPSI FIRDA.pdf] Text
SKRIPSI FIRDA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Firda, 2023. “Efektivitas Pembelajaran Model Scramble dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas V SDN 358 Pengkasalu
Kecematan Kamanre Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Srudi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan
Mirnawati.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran model scramble
dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SDN 358
Pengkasalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan
menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 358 Pengkasalu sebelum
menggunakan model pembelajaran scramble, untuk mengetahui tingkat
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 358 Pengkasalu
setelah menggunakan model pembelajaran Scramble, dan untuk mengetahui model
pembelajaran scramble efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi siswa kelas V SDN 358 Pengkasalu.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis True Eksperimen Design
dengan desain penelitian Pre-test Post-tes Only Control Grup Desaign. Pendekatan
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas V SDN 358 Pengkasalu Kecamatan Kamanre Kabupaten
Luwu yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Porposive Sampling dengan menggunakan instrumen penelitian tes hasil
keterampilan menulis karangan.
Berdasarkan hasil analisis deskripsi memperoleh nilai rata-rata pada kelas
kontrol 68,08% dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,62% dengan
kategori tinggi. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji-t
dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan
demikian, dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
model pembelajaran scrambledalam meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi kelas V SDN 358 Pengkasalu.
Kata Kunci : Pembelajaran Model Scramble, Keterampilan Menulis Karangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:25
Last Modified: 26 Mar 2024 02:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8535

Actions (login required)

View Item View Item