JUMRAH, JUMRAH (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DAERAH 3T (TERDEPAN, TERTINGGAL DAN TERPENCIL) DI SD NEGERI 083 LAMBIRI KECAMATAN SEKO KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Jumrah, 2022 “Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Daerah 3T (Terjauh,
Tertinggal dan Terpencil) di SD Negeri 083 Lambiri Kecamatan Seko
Kabupaten Luwu Utara.” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baderiah dan Hisbullah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan
impelementasi pembelajaran kelas rangkap di SD 083 Lambiri Kecamatan Seko
Kabupaten Luwu Utara. 2) Untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang
menyebabkan dilakukannya pembelajaran kelas rangkap di SD 083 Lambiri
Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan menggunakan
pendekatan paedagogik, sosiologis dan psikologis. Penelitian menggunakan
sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan
tringulasi dan pembahasan teman sejawat. Teknik analisis datanya menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Impelementasi pembelajaran
kelas rangkap di SD Negeri 083 Lambiri Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara
yaitu pelaksanaan pembelajaran guru harus melakukan perencanaan yang
mencakup, perencanaan ini dilakukan pada awal proses pembelajaran yang akan
dilakuakan selama satu semester atau dalam jangka satu tahun. Di antara
perencanaan yang di lakuakan di SD Negeri 083 Lambiri Kecamatan Seko yaitu
penetapan beberap langka pelaksanaan pembelajaran yang akan di lakukan selama
satu smester atau dalam jangka satu tahun. 2) Faktor-Faktor yang menyebabkan
dilakukannya pembelajaran kelas rangkap di SD 083 Lambiri Kecamatan Seko
Kabupaten Luwu Utara yaitu faktor terjadinya pembelajaran kelas rangkap di SD
Negeri 083 Lambiri karena kurannya jumlah murid dalam kelas dan keterbatasan
jumlah guru yang mengajar di SD Negeri 083 Lambiri, juga guru yang ditugaskan
untuk mengajar di sana kadang tidak hadir di kerenakan tempat mereka yang jau
dari sekolah jadi guru yang biaa mengajar hanya satu atau dua orang saja serta.
Dan Faktor sarana dan prasarana dimana jumlah ruangan yang dingunakan untuk
proses belajara mengajar hanya 4 rungan saja, kemudia ruang kelas yang dimiliki
tidak mencukupi dan kalaupun ruangan mencukupi namun keadaan siswa yang
sangat sedikit membuat guru harus mengabungkan siswa dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Kelas Rangkap dan Daerah 3T
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:06 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8539 |
Actions (login required)
View Item |