PERSPEKTIF PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOP

ASRIADI, ASRIADI (2023) PERSPEKTIF PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOP. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Asriadi, 2022.”Perspektif Peserta didik Terhadap Penerapan Metode Diskusi
Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah
Aliyah Negeri Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh St. Hisban Thaha dan Arifuddin.
Skripsi ini membahas tentang perspektif peserta didik terhadap penerapan
metode diskusi dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MAN Palopo.
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
diskusi pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MAN Palopo. 2)
bagaimana perspektif peserta didik terhadap metode diskusi dalam mata pelajaran
sejarah kebudayaan Islam di MAN Palopo. Metode yang digunakan adalah
metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek
penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Berdasarkan
hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, diperoleh
hasil bahwa dengan diterpakannya metode diskusi dalam mata pelajaran sejarah
kebudayaan islam di MAN Palopo, pembelajaran tidak lagi terkesan monoton dan
membosankan. Metode diskusi menyebabkan perspektif positif peserta didik
terhadap pelajaran sejarah kebudayaan islam. Hal tersebut dikarenakan metode
diskusi menuntut peserta didik lebih interaktif dan berpikir kritis dalam berdiskusi
sehingga pembelajaran tidak berlangsung membosankan dan siswa lebih mudah
memahami materi yang diajarkan.
Kata Kunc

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 800 Kesusastraan > 809 Sejarah, Deskripsi dan Penilaian Kritis Karya Sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:27
Last Modified: 26 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item