PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN CANVA PADA PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN KELAS X SMK NEGERI 5 WAJO

MARLANG, BESSE (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN CANVA PADA PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN KELAS X SMK NEGERI 5 WAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Besse Marlang, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi
Asmaul Husna Menggunakan Canva Pada Peserta Didik Jurusan
Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X SMK Negeri 5 Wajo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing Oleh Muhaemin dan H. M. Arief R.
Skripsi ini membahas tentang media pembelajaran yaitu modul elektonik e�modul materi Asmaul Husna menggunakan Canva untuk peserta didik Jurusan
Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X SMK Negeri 5 Wajo. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui tahapan pembuatan media pembelajaran e-modul
materi Asmaul Husna menggunakan Canva pada peserta didik jurusan teknik
komputer dan jaringan kelas X SMK Negeri 5 Wajo; untuk mengetahui tingkat
praktikalitas media pembelajaran e-modul materi Asmaul Husna menggunakan
canva pada peserta didik jurusan teknik komputer dan jaringan kelas X SMK Negeri
5 Wajo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D). Penelitian ini menggunakan empat tahapan dalam
pengembangan dari model 4-D yang meliputi: 1) define (pendefinisian), (2) design
(perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran).
Suatu penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Wajo dengan subjek penelitian yaitu
peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Terdapat empat orang
validator yaitu ahli materi, ahli media, satu guru mata pelajaran dan validator angket
untuk melakukan uji validitas dan praktikalitas terhadap produk dengan itu lembar
angket diberikan kepada peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul elektronik
menggunakan canva untuk pembelajaran dengan evaluasi materi mendapatkan skor
95,3% dengan kategori sangat valid, evaluasi ahli media mendapatkan skor 90,2%
dengan kategori sangat valid, sedangkan uji praktikalitas angket respon peserta
didik dan guru mata pelajaran sebesar 88% kategori sangat praktis dan 76,2%
kategori praktis. Berdasarkan hasil yang didapatkan media pembelajaran
menggunakan Canva dapat dijadikan referensi pada penelitian selanjutnya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Modul canva, SMKN 5 Wajo, PAI di SMK
xxiii
ABSTRACT
Besse Marlang, 2023. "Development of E-Module Learning Media on Asmaul
Husna Using Canva for Students of Computer and Network
Engineering Department Class X SMK Negeri 5 Wajo". Thesis of the
State Islamic Education Study Program (IAIN) Palopo. Supervised by
Muhaemin and Drs. H. M. Arief R.
This thesis discusses learning media, namely the electronic module e�module Asmaul Husna’s material using Canva for student of the Class x Computer
and Network Engineering Departement at SMK Negeri 5 Wajo. This research aims:
To determine the stages of creating e-modul learning media fot Asmaul Husna
material using Canva for students majoring in computer and network engineering
class x at SMK Negeri 5 Wajo. To determine the level of practicality of the e�module learning media, Asmaul Husna used Canva for students majoring in
computer and network engineering in class x at SMK Negeri 5 Wajo.
This type of research is development research or Research and Development
(R&D). This research uses four stages in the development of the 4-D model wich
include: 1) define, 2) design, 3) develop, 4) dissemination. A research was
conducted at SMK Negeri 5 Wajo with research subject namely class x Computer
and Network Engineering students. There are four validators, namely material
experts, media experts, one subject teacher and a questionnaire validator to carry
out validity and practicality tests on the products given by the questionnaire sheets
to students.
The result of the research show that the use of electronic modules using
Canva for learning with material evaluation obtained a score of 95,3 % in the very
valid category, media expert evaluation obtained a score of 90,2% in the very valid
category, while the practicality test from the student response questionnaire and
teacher views was 88% learning is in the very practical category and 76.2% is in
the practical category. Based on the results obtained, learning media using Canva
can be used as a reference in further research.
Keywords: Learning Media, Canva E-Module, SMKN 5 Wajo, PAI at SMK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:38
Last Modified: 26 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item