PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP PESANTREN PEMBANGUNAN MUHAMMADIYAH TANA TORAJA

BANDASO, NURLAILA (2023) PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP PESANTREN PEMBANGUNAN MUHAMMADIYAH TANA TORAJA. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of SKRIPSI NURLAILA BANDASO_2019.pdf] Text
SKRIPSI NURLAILA BANDASO_2019.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurlaila Bandaso, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write
(TTW) terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII
SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur
Rahmah dan Rosdiana.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Think Talk
Write (TTW) terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematika sebelum dan sesudah
menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), serta untuk
mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)
efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di SMP
Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja.
Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimen design one group pretest-posttest
design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel
jenuh, dengan jumlah sampel 16 orang siswa. Data diperoleh melalui lembar tes
kemampuan literasi, lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa
dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi
matematika sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)
siswa masih kurang dilihat dari kondisi siswa yang merasa bosan ketika belajar
matematika. Setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)
tingkat kemampuan literasi matematika siswa meningkat setelah melihat siswa
dapat berpartisipasi lebih efektif jika diberi kebebasan dalam berpikir, berbicara
dan menulis. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji-t taraf signifikansi
, kriteria pengujian diperoleh 0,000 < 0,05 berada pada penolakan H0
sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk
Write (TTW) efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di
SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan Literasi
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:49
Last Modified: 27 Mar 2024 00:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8560

Actions (login required)

View Item View Item