PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ) MENGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MENANAMKAN NILAI - NILAI TOLERANSI BERAGAMA ANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

SUSANTI, SUSI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ) MENGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MENANAMKAN NILAI - NILAI TOLERANSI BERAGAMA ANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Susi Susanti, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Materi Menanamkan
Nilai-Nilai Teloransi Beragama Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Dr. Muhaemin, M.A. dan Arifuddin, S.Pd.I., M.Pd.
Pengembangan mediap pembelajaran pendidikan agama Islam
menggunakan Lectora Inspire merupakan salah satu bahan ajar berbasis
teknologi yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Terdapat
beberapa kendala yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Peserta didik kadang sulit untuk memahami materi pembelajaran, kurang tertarik
untuk belajar, menganggap proses pembelajaran pendidikan agama Islam
membosankan sehingga pengetahuan peserta didik masih kurang. Hal tersebut
dikarenakan bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku cetak yang tebal dan
kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan
peserta didik terhadap pengembangan Lectora Inspire pembelajaran pendidikan
agama Islam, untuk mengetahui kevalidan Lectora Inspire dan untuk mengetahui
kepraktisan Lectora Inspire.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and
Development). peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain),
development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation
(evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 kota Palopo. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2022/2023. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi dan
angket praktikalitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lectora Inspire pembelajaran
pendidikan agama Islam yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik. Hasil validasi Lectora Inspire pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu
validasi ahli media memperoleh persentase 79,16% dengan kriteria valid dan
hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat
valid. Untuk uji kepraktisan Lectora Inspire yang diperoleh dari pendidik
memperoleh persentase 96,7% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan
lectora inspire yang diperoleh dari peserta didik memperoleh persentase 89,5%
dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci : Pengembangan. Media, Pembelajaran Pendididkan Agama
Islam, Aplikasi Lectora Inspire SMPN VIII SMP 8 Palopo
xxiii
ABSTRACT
Susi Susanti, 2023. "Development of Islamic Religious Education Learning
Media Using the Lectora Inspire Application on Material
Instilling Religious Tolerance Values Class VIII SMP Negeri 8
Palopo City". Thesis of the Islamic Education Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the Palopo State
Islamic Institute.
Guided by: Dr. Muhaemin, M.A. and Arifuddin, S.Pd.I., M.Pd.
The development of Islamic religious education learning mediap using
Lectora Inspire is one of the technology-based teaching materials that helps
students in the learning process. There are several obstacles faced by students in
the learning process. Students are sometimes difficult to understand the learning
material, lack of interest in learning, consider the learning process of Islamic
religious educationboring so that the knowledge of students is still lacking. This
is because the teaching materials used are only in the form of thick and
unattractive printed books. This study aims to determine the analysis of students'
needs for the development of Lectora Inspire Islamic religious education
learning, to find out the validity of Lectora Inspire and to find out the practicality
of Lectora Inspire.
The type of research used is R&D (Research and Development) research.
Researchers use the ADDIE development model with five stages of development,
namely the stages of analysis, design, development, implementation and
evaluation. This research was conducted at SMPN 8 Palopo city. The subjects in
this study were students of grade VIII E for the 2022/2023 school year.
TechniqueData collection in this study was interviews, validation sheets and
practicality questionnaires. The data analysis techniques used are qualitative
descriptive analysis and quantitative descriptive.
The results of this study show that Lectora Inspire Islamic religious
education learning is developed according to the needs of students. The
validation results of Lectora Inspire Islamic religious education learning, namely
the validation of media experts obtained a percentage of 79.16% with valid
criteria and the results of material expert validation obtained a percentage of 85%
with very valid criteria. For the practicality test, Lectora Inspire obtained from
educators obtained a percentage of 96.7% with a very practical category and the
e-module practicality test obtained from students obtained a percentage of 89.5%
with a very practical category.
Keywords: Development, Islamic Education Learning Media, Using Lectora
Inspire Material Instilling Telorance Values

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:27
Last Modified: 27 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8572

Actions (login required)

View Item View Item