PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL ANTARA SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE

LISDAYANTI, LISDAYANTI (2023) PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL ANTARA SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of SKRIPSI LISDAYANTI (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI LISDAYANTI (REPOSITORY).pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Lisdayanti, 2023. “Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Pelayanan
terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan
Sebagai Variabel Antara Situs Belanja Online Shopee”.
Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Islam Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo, Dibimbing oleh Mursyid S. Pd., M.M.
Fokus Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas informasi,
kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan minat beli ulang pada situs belanja
online Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi
dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang dengan mediasi oleh kepuasan
pelanggan pada situs belanja online shopee.
Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pengukuran
menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi
Shopee di Kota Palopo yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan
sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan teknik
penarikan simple Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner yang dibagikan kepada responden secara online melaui G-form. Adapun
teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS
24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kualitas Informasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang dengan nilai thitung sebesar 4,475
> ttabel 1,984, Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh secara langsung terhadap
Minat Beli Ulang dengan nilai thitung sebesar 1,774 < ttabel 1,984, Kepuasan
Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang dengan
nilai thitung sebesar 6,308 > ttabel 1,984, Kualitas Informasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai thitung sebesar 4,443 > ttabel
1,984, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan
Pelanggan dengan nilai thitung sebesar 2,754 > ttabel 1,984, dan analisis jalur
menggunakan sobel test menunjukkan bahwa Kualitas Informasi secara tidak
langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui
Kepuasan Pelanggan dengan nilai thitung sebesar 3,409 lebih besar dari ttabel ( 3,409
> 1,984) dan Kualitas Pelayanan secara tidak langsung berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan dengan nilai
thitung sebesar 2,569 lebih besar dari ttabel ( 2,569> 1,984).
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan; Kualitas Informasi; Kualitas Pelayanan; Minat
Beli Ulang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 361.1 Permasalahan Sosial, Masalah Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:09
Last Modified: 27 Mar 2024 06:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item View Item