YANTI, EVI (2024) PREVENTIF PERILAKU AKADEMIK DISHONESTY MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
|
Text
REPOS.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Evi Yanti, 2023. Mengurangi Perilaku Akademik Dishonesty Melalui Teknik Self
Management pada Siswa di SMP Negeri 1 Bajo, Program Studi
Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Bapak
Subekti Masri dan Ibu Hamdani Thaha.
Skripsi ini membahas tentang mengurangi perilaku akademik dishonesty
melalui teknik self management. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh teknik self management terhadap perilaku akademik dishonesty.
Penelitian ini merupakan penelitian berorientasi pada pendekatan kuantiatif
dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan lembar angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku akademik dishonesty siswa
sebelum tindakan di SMP Negeri 1 Bajo termasuk dalam kategori cukup baik
dengan frekuensi sampel 53 orang dan hasil peresentase 53%. Adapun skor rata�rata yaitu 76,74. Tinggi hasilnya peresentase pretest dipengaruhi oleh jawaban
responden. Perilaku akademik dishonesty siswa setelah tindakan di SMP Negeri 1
Bajo termasuk dalam kategori sangat baik dengan frekuensi sampel 46 orang dan
hasil peresentase 46%. Adapun skor rata-rata yaitu 87,42. Tinggi hasilnya
peresentase posttest dipengaruhi oleh jawaban responden. Terdapat pengaruh
teknik self management dalam mengurangi perilaku akademik dishonesty pada
siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bajo untuk pretest dan postest. Hal ini terlihat
pada nilai thitung > ttabel dari eksperimen pretest dan pos test, sehingga H0
ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: teknik self management, perilaku akademik dishonesty.
xviii
ABSTRACT
Evi Yanti, 2023. Reducing Academic Dishonesty Behavior through Self
Management Techniques in Students at Bajo 1 Public Middle School,
Islamic Counseling Guidance Study Program, Faculty of Ushuluddin
Adab and Da'wah, State Islamic Institute (IAIN) Palopo. Supervised
by Mr. Subekti Masri and Mr. Hamdani Thaha.
This thesis discusses reducing academic dishonesty behavior through self�management techniques. The purpose of this study was to determine the effect of
self-management techniques on dishonesty academic behavior.
This research is a quantitative approach-oriented research with a quasi�experimental research type. Data collection techniques used were interviews,
questionnaires, observation and documentation. Data collection tools used
interview sheets and questionnaire sheets.
The results of the research show that students' academic dishonesty behavior
before the action at SMP Negeri 1 Bajo was included in the quite good category
with a sample frequency of 53 people and a percentage result of 53%. The average
score is 76.74. The high percentage results of the pretest are influenced by the
respondents' answers. Students' academic dishonesty behavior after the action at
SMP Negeri 1 Bajo was included in the very good category with a frequency
sample of 46 people and a percentage result of 46%. The average score is 87.42.
The high percentage results of the posttest are influenced by the respondents'
answers. There is an influence of self-management techniques in reducing
academic dishonesty behavior in Class VIII students at SMP Negeri 1 Bajo for
pretest and posttest. This can be seen in the tcount > ttable value from the pretest
and posttest experiments of 15.536 > 1.668, so that H0 is rejected and H1 is
accepted.
Keywords: self management techniques, dishonest academic behavior.
xix
خالصت
فٟ اٌطالب ٌذٜ اٌزاح١ت اإلداسة حم١ٕاث خالي ِٓ األوادّ٠ٟ اٌىزب عٍٛن ِٓ اٌغذ 2023. ، ٠أخٟ إ٠فٟ
ِؼٙذ ، ٚاٌذػٛة أداب أٚؽٌٛذٓ٠ و١ٍت ، اإلعالِٟ اإلسؽاد دساعت بشٔاِش ، اٌؼاِت اإلػذاد٠ت 1 باصٛ ِذسعت
.غٗ عّذأٟ ٚاٌغ١ذ اٌّصشٞ عبىخٟ اٌغ١ذ بإؽشاف .باٌٛبٛ (IAIN (اإلعالِٟ اٌذٌٚت
٘زٖ ِٓ اٌغشض .اٌزاح١ت اإلداسة حم١ٕاث خالي ِٓ األوادّ٠ٟ اٌىزب عٍٛن ِٓ اٌغذ األغشٚعت ٘زٖ حٕالؼ
.اٌّعًٍ األوادّ٠ٟ اٌغٍٛن ػٍٝ اٌزاح١ت اإلداسة حم١ٕاث أرش حغذ٠ذ ٛ٘ اٌذساعت
اٌب١أاث صّغ حم١ٕاث .حضش٠بٟ ؽبٗ بغذ بٕٛع اٌىّٟ إٌّٙش ٔغٛ ِٛصٗ بغذ ػٓ ػباسة اٌبغذ ٘زا
أٚساق اٌب١أاث صّغ أدٚاث اعخخذِج ٚ.اٌخٛر١ك ٚاٌّالعظت ٚاالعخب١أاث اٌّمابالث ٟ٘ اٌّغخخذِت
.االعخب١اْ ٚأٚساق اٌّمابالث
Bajo 1 Negeri SMP فٟ اإلصشاء لبً اٌطالب ٌذٜ األواد١ّ٠ت األِأت ػذَ عٍٛن أْ اٌبغذ ٔخائش حظٙش
اٌذسصاث ِخٛعػ 53%. ٔخ١ضت ٔٚغبت ؽخ ًصا 53 ِٓ ِىْٛ ػٕ١ت حىشاس ِغ صذًا اٌض١ذة اٌفئت فٟ حعٕٗ١ّ حُ
األِأت ػذَ عٍٛن إدساس حُ .اٌّغخض١بٓ١ بإصاباث اٌمبٍٟ االخخباس ٌٕخائش اٌؼا١ٌت إٌغبت حخأرش 76.74. ٛ٘
ػٕ١ت ِغ صذًا ص١ذ فئت فٟ Bajo 1 Negeri SMP فٟ ٚلغ اٌزٞ اإلصشاء بؼذ اٌطالب ٌذٜ األواد١ّ٠ت
اٌؼا١ٌت اٌّئ٠ٛت إٌغبت حخأرش 87.42. ٛ٘ اٌذسصاث ِخٛعػ 46%. ٔخ١ضت ٔٚغبت ؽخ ًصا 46 ِٓ ِىٔٛت ِخىشسة
األِأت ػذَ عٍٛن حمً١ٍ فٟ اٌزاح١ت اإلداسة ٌخم١ٕاث حأر١ش ٕ٘ان .اٌّغخض١بٓ١ بإصاباث اٌبؼذٞ االخخباس ٌٕخائش
ّ٠ىٓ .اٌبؼذٞ ٚاالخخباس اٌمبٍٟ ٌالخخباس Bajo 1 Negeri SMP فٟ اٌزآِ اٌصف غالب ٌذٜ األواد١ّ٠ت
1.668، < 15.536 اٌباٌغت ٚاٌبؼذٞ اٌمبٍٟ االخخباس حضاسب ِٓ ttable > tcount لّ١ت فٟ رٌه ِالعظت
1.H لبٛي ٠ٚخُ 0H سفط ٠خُ بغ١ذ
.إٌضٗ٠ غ١ش األوادّ٠ٟ اٌغٍٛن ، اٌزاح١ت اإلداسة حم١ٕاث :اٌّفخاع١ت اٌىٍّاث
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 00:12 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 00:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8590 |
Actions (login required)
View Item |