PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 069 LIMBONG KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA

RUSTAN, EDHY and HISBULLAH, HISBULLAH (2024) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 069 LIMBONG KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of SKRIPSI JANNA (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI JANNA (REPOSITORY).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
JANNA, 2023, “Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Mengatasi
Kesulitan belajar membaca pada Peserta Didik Kelas II SDN 069
Limbong Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FakultasTarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Edhy Rustan dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas penggunaan media kartu kata bergambar dapat
mengatasi kesulitan belajar membaca peserta didik di kelas II SDN 069 Limbong.
Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar
membaca peserta didik di kelas II SDN 069. Untuk mengetahui upaya guru untuk
mengatasi kesulitan belajar membaca peserta didik di kelas II SDN 069 Limbong
dengan menggunakan media kartu kata bergambar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
dalam penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 12 orang peserta
didik sedangkan objek dalam penelitian adalah penggunaan media kartu kata
bergambar dapat mengatasi kesulitan belajar membaca peserta didik di kelas II
SDN 069 Limbong. Teknik pengumpulan data ada 3 yaitu Observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan peserta didik kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa
dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar
membaca peserta didik yaitu : 1) Tidak mengenali huruf, 2) Sulit membedakan
huruf, 3) Kurang yakin dengan huruf yang dibacanya itu benar, 4) Tidak
mengetahui makna kata atau kalimat yang dibacanya. Upaya guru dalam
mengatasi kesulitan membaca peserta didik melalui media kartu kata bergambar
bisa disimpulkan yakni selama guru menerapkan kartu kata bergambar guru
melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, dimana kegiatan tersebut dibagi
menjadi 3 langkah yakni: 1) Pendahuluan, pada kegiatan pendahuluan ini guru
melakukan koordinasi kelas, kemudian dilanjutkan dengan apersepsi guna
memperoleh pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik. 2) Kegiatan inti, pada
kegiatan ini guru memperkenalkan terlebih dahulu setiap huruf abjad yang
terdapat dikartu kata bergambar kepada peserta didik, setiap peserta didik
memperoleh peluang yang sama dalam menggunakan media kartu kata
bergambar. 3) Kegiatan penutup, dalam kegiatan penutup ini peserta didik diminta
untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran yang telah dipelajari melalui teks
yang sudah dibaca. Media kartu kata bergambar yang diterapkan oleh guru
didalam kelas dapat menumbuhkan minat/motivasi peserta didik dalam belajar
membaca.
Kata Kunci : Media Kartu Kata Bergambar, Kesulitan Belajar Membaca
xvi
ABSTRACT
JANNA, 2023,"Using Picture Word Card Media to Overcome Difficulties in
Learning to Read in Class II Students at SDN 069 Limbong, Rongkong
District, North Luwu Regency." Thesis for Madrasah Ibtidaiyah Teacher
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training,
Palopo State Islamic Institute. Supervised by Edhy Rustan and
Hezbollah.
This thesis discusses the use of picture word card media to overcome the
difficulties of learning to read for students in class II at SDN 069 Limbong. This
research aims to find outknowing the forms of learning difficulties for students in
class II SDN 069. To find out the teacher's efforts to overcome the difficulties of
learning to read students in class II SDN 069 Limbong by using picture word
cards as media.
This type of research is qualitative with a descriptive approach. The
subjects in the research were class II students, totaling 12 studentsthe object in the
research isThe use of picture word card media can overcome the difficulties of
learning to read for students in class II at SDN 069 Limbong. There are 3 data
collection techniques, namely observation, interviews and documentation. The
data analysis techniques used are data reduction, data presentation and students
drawing conclusions.
Based on the results of interviews, observations and documentation, it can
be seen that the research results show thatforms of learning difficulties for
studentsnamely: 1) Doesn't recognize letters, 2) Difficulty distinguishing letters,
3) Not sure that the letters he reads are correct, 4) Don't know the meaning of the
words or sentences he reads.The teacher's efforts to overcome students' reading
difficulties through the media of picture word cards can be concluded that as long
as the teacher applies picture word cards the teacher carries out learning activities
well, where these activities are divided into 3 steps, namely: 1) Introduction, in
this preliminary activity the teacher coordinates the class , then continued with
apperception in order to obtain the initial knowledge that students have. 2) Core
activity, in this activity the teacher first introduces each letter of the alphabet on
the picture word card to the students, each student gets the same opportunity to
use the picture word card media. 3) Closing activity, in this closing activity
students are asked to draw conclusions from the lessons they have learned through
the text they have read. The picture word card media applied by teachers in the
classroom can foster students' interest/motivation in learning to read.
Keywords: Picture Word Card Media, Difficulty Learning to Read
xvii
خالصة
جنة،0202،ََ"ﺍستخدﺍﻡَﻭسائطَبطاقةَﺍلكلماﺕَﺍلمصوﺭةَللتغلبَعلىَﺍلصعوباﺕَفيَتعلمَﺍلقرﺍءةَلدىَﻁالﺏ
ﺍلصف َﺍلثاني َفيgnoَ miLَ 960 NDSَ، َمقاﻁعةgNDSgNDSَ،oNwuLَ 9oroَ
geSeDeRَ."َأﻁرﻭحةَلبرنامجَﺩﺭﺍسةَتعليمَﺍلمعلمينَبالمدﺭسةَﺍإلبتدﺍعية،َكليةَﺍلتربيةَﻭتدﺭيب
ﺍلمعلمين،َمعهدَبالوبوَﺍإلسالميَﺍلحكومي.َبإشرﺍﻑَإﺩهيَﺭﻭستاﻥَﻭحزﺏَﺍلله.َََ
َتناقشَهذﻩَﺍألﻁرﻭحةَﺍستخدﺍﻡَﻭسائطَبطاقةَﺍلكلماﺕَﺍلمصوﺭةَللتغلبَعلىَصعوباﺕَتعلمَﺍلقرﺍءة
للطالﺏَفيَﺍلصفَﺍلثانيَفيgnoَmiLَ960 NDS.َيهدﻑَهذﺍَﺍلبحَثَإلىَمعرفةَمعرفةَأشكاﻝَصعوباﺕ
ﺍلتعلم َلدى َﻁالﺏ َﺍلصف َﺍلثانيgnoَ miLََ. َلمعرفة َجهوﺩ َﺍلمعلم َللتغلب َعلى َصعوباﺕ َتعلم َﺍلقرﺍءة
للطالﺏَفيَﺍلصفَﺍلثانيgnoَmiLَ960 NDSَباستخدﺍﻡَبطاقاﺕَﺍلكلماﺕَﺍلمصوﺭةَكوسيلة.َ
ََهذﺍَﺍلنوﻉَمنَﺍلبحثَهوَنوعيَﺫﻭَمنهجَﻭصفي.َكاﻥَموضوﻉَﺍلبحثَﻁالﺏَﺍلصفَﺍلثانيَﻭﺍلبالغ
عدﺩهم21َﻁالباَﺍلكائنَفيَﺍلبحثَهوَيمكنَأﻥ َيؤﺩﻱَﺍستخدﺍﻡَﻭسائط َبطاقةَﺍلكلماﺕَﺍلمصوﺭةَإلى َﺍلتغلب
علىَصعوباﺕَتعلمَﺍلقرﺍءةَللطالﺏَفيَﺍلفصلَﺍلثانيَفيgnoَmiLَ960 NDSَ.َهناﻙَثالﺙَتقنياﺕَلجمع
َﺍلبياناﺕ،َﻭهيَﺍلمالحظةَﻭﺍلمقابالﺕَﻭﺍلتوثيق.َتقنياﺕَتحليلَﺍلبياناﺕَﺍلمستخدمةَهيَتقليلَﺍلبياناﺕَﻭعرﺽ
ﺍلبياناﺕَﻭﺍستخالﺹَﺍلطالﺏَلالستنتاجاﺕ.َ
َﻭبناءَعلىَنتائجَﺍلمقابالﺕَﻭﺍلمالحظاﺕَﻭﺍلوثائقَيتبينَأﻥَنتائجَﺍلبحثَتظهرَﺫلكأشكاﻝَصعوباﺕ
َﺍلتعلم َلدىَﺍلطالبوهي:2َ) َال َيتعرﻑ َعلى َﺍلحرﻭﻑ،1َ)َصعوبةَفي َتمييزَﺍلحرﻭﻑ،3ََ) َغير َمتأكدَمن
صحةَﺍلحرﻭﻑَﺍلتيَيقرأها،4َ)َالَيعرﻑَمعنىَﺍلكلماﺕَأﻭَﺍلجملَﺍلتيَيقرأها.َيمكنَﺍستنتاﺝَجهوﺩَﺍلمعلم
فيَﺍلتغلبَعلىَصعوباﺕَﺍلقرﺍءةَلدىَﺍلطالﺏَمنَخالﻝَﻭسائطَﺍلبطاقاﺕَﺍلكلماتيةَﺍلمصوﺭة،َأنهَﻁالماَأﻥ
َﺍلمعلمَيطبقَﺍلبطاقاﺕَﺍلكلماتيةَﺍلمصوﺭةَفإﻥَﺍلمعلمَينفذَأنشطةَﺍلتَعلمَبشكلَجيد،َحيثَتنقسمَهذﻩَﺍألنشطة
إلى3ََخطوﺍﺕ،َﻭهي:2ََ)َﺍلمقدمة،َفيَهذﺍَﺍلنشاﻁَﺍألﻭليَيقوﻡَﺍلمعلمَبتنسيقَﺍلفصل،َثمَيستمرَفيَﺍإلﺩﺭﺍﻙ
من َأجل َﺍلحصوﻝ َعلى َﺍلمعرفة َﺍألﻭلية َﺍلتي َيمتلكها َﺍلطالﺏ.1ََ) َﺍلنشاﻁ َﺍألساسي، َفي َهذﺍ َﺍلنشاﻁ َيقوﻡ
َﺍلمعلم َأﻭال ًَبتقديم َكل َحرﻑ َمنَﺍلحرﻭﻑ َﺍألبجدية َﺍلموجوﺩة َعلى َبطاقة َﺍلكلماﺕ َﺍلمصوﺭة َللطالﺏ،
ﻭيحصلَكلَﻁالبَعلىَنفسَﺍلفرصةَالستخدﺍﻡَﻭسائطَبطاقةَﺍلكلماﺕَﺍلمصوﺭة.3ََ)َﺍلنشاﻁَﺍلختامي،َفي
هذﺍ َﺍلنشاﻁ َﺍلختامي َيطلب َمن َﺍلطالﺏ َﺍستخالﺹ َﺍستنتاجاﺕ َمن َﺍلدﺭﻭﺱ َﺍلتي َتعلموها َمن َخالﻝ َﺍلنص
َﺍلذﻱ َقرأﻭﻩ. َيمكن َلوسائط َبطاقة َﺍلكلماﺕ َﺍلمصوﺭة َﺍلتي َيطبقها َﺍلمعلموﻥ َفي َﺍلفصل َﺍلدﺭﺍسي َأﻥ َتعزﺯ
ﺍهتماﻡ/تحفيزَﺍلطالﺏَفيَتعلمَﺍلقرﺍءة.ََ
ﺍلكلماﺕَﺍلدﺍلة:َﻭسائطَبطاقةَﺍلكلماﺕَﺍلمصوﺭة،َصعوبةَتعلمَﺍلقرﺍءة

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:05
Last Modified: 28 Mar 2024 02:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item