AMIN, NASRUL (2022) EFEKTIVITAS KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI DALAM MENGATASI PERILAKU MALAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
REPOS.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nasrul Amin, 2024. “Efektfitas Konseling Singkat Berfokus Solusi Dalam
Mengatasi Perilaku Malas Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah
Kota Palopo” Skripsi Program Studi Bimbingan dan konseling Islam
Fakultas Ushuluddin, adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Efendi P dan Subekti Masri
Skripsi ini membahas tentang Konseling Singkat Berfokus Solusi Dalam Mengatasi
Perilaku Malas Belajar Siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teknik
konseling singkat berfokus solusi efektif dalam mengatasai malas belajar siswa
SMA Muhammadiyah Palopo kelas XI.Jenis penelitian yang digunakan adalah pre�experimen design dengan menggunakan model one group pretest posttest. Dalam
penelitian ini, jumlah populasi 12 siswa, maka penelitian ini menggunakan teknik
sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa yang
teridentifikasi memiliki perilaku malas belajar kategori tinggi. Prosedur
pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan kuisioner/anget. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Sebelum (pretest) diperoleh 4 orang (33.3%)
siswa yang memiliki prilaku belajar yang baik dan 8 orang (66,7%) siswa memiliki
perilaku malas belajar artinya bahwa siswa malas belajar yang kurang baik lebih
tinggi dibanding yang siswa yang prilaku rajin dalam belajar yang baik dengan hasil
skor rata-rata sebesar 13,41. Setelah (posttest) diperoleh 12 siswa (100.0 %) siswa
yang tidak memiliki perilaku malas belajar dan 0 orang (0,0 %) siswa memiliki
perilaku malas belajar dengan hasil skor rata-rata sebesar 6,50 dapat dilihat nilai
means pretest dan posttest responden terjadi penurunan sehingga terlihat bahwa ada
perubahan relasi sosial pada remaja yang orang tuanya sisarak. Statistic dengan
menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p pada teknik Konseling
Singkat Berfokus Solusi sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) yaitu nilai p =
,002. Jika hasil penelitian menunjukkan nilai p < ,05 maka H0 ditolak dan H1
diterima yang dapat diartikan bahwa Teknik konseling singkat berfokus solusi
efektif dalam mengatasai malas belajar siswa.
Kata Kunci: Malas belajar, siswa, Teknik konseling berfokus solusi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:33 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:33 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8611 |
Actions (login required)
View Item |