PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA IAIN PALOPO DALAM BERBELANJA ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

AZIZAH, NUR (2024) PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA IAIN PALOPO DALAM BERBELANJA ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of NUR AZIZAH (REPOSITORY).pdf] Text
NUR AZIZAH (REPOSITORY).pdf

Download (3MB)

Abstract

xx
ABSTRAK
Nur Azizah, 2023. Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Palopo Dalam Belanja
Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah.
(dibimbing oleh Edi Indra Setiawan, S.E., M.M.)
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi untuk mengetahui fenomenologi perilaku konsumtif Mahasiswa
dalam belanja Online yang ditinjau dari persepektif Ekonomi Islam. Penelitian ini
dilakukan di Intitut Agama Islam Negeri Palopo. Subjek penelitian adalah
mahasiswa IAIN Palopo. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri
sebagai instrument utama yang mendukung pedoman wawancara. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif dalam belanja Online
pada Mahasiswa IAIN Palopo, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong
perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa IAIN Palopo serta mengetahui
bagaimana perilaku konsumtif dalam perspektif ekonomi islam.
Informan penelitian berjumlah 25 orang mahasiswa yang terdiri dari 12
jurusan dimana tiap-tiap jurusan diperoleh informan sebanyak 2 sampai 3 orang
dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa, Perilaku konsumtif belanja online mahasiswa IAIN Palopo
tercermin pada perilaku yang menunjukkan adanya, (a.). Belanja untuk menjaga
penampilan diri yaitu perilaku mahasiswa yang belanja online untuk menjaga diri
agar terlihat menarik dan modis. (b). belanja karena adanya diskon yaitu perilaku
belanja online mahasiswa karena adanya sistem pemotongan harga. (c). belanja
untuk mengikuti trend fashion yaitu perilaku mahasiswa dalam mengikuti gaya
yang populer. (d). belanja karena terpengaruh iklan dan dimana iklan menjadi
salah satu startegi pemasaran untuk menarik minat konsumen khususnya
dikalangan mahasiswa.
Ada 2 faktor yang mendorong perilaku konsmtif, 1). Faktor internal yaitu
motivasi adanya dorongan keinginan dan kepuasan dalam belanja produk online
yang disukainya serta persepsi bahwa belanja online adalah aktivitas yang
memudahkan dalam belanja. 2). Faktor eksternal yaitu kebiasaan masyarakat
dalam belanja online mempengaruhi mahasiswa itu sendiri serta kelompok
pertemanan dikalangan mahasiswa IAIN Palopo dalam aktivitas belanja.
Kata Kunci: Belanja Online, Perilaku Konsumtif, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:47
Last Modified: 28 Mar 2024 05:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item