ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU

MAPPA RUSNALIA, ANDI (2023) ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rusnalia Mappa, 2023. “Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan
Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5
LUWU”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Alia Lestari dan Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Metakognisi Siswa Dalam
Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metakognisi siswa
dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa gaya belajar visual,
mendeskripsikan bagaimana metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika pada siswa gaya belajar auditori, dan mendeskripsikan bagaimana
metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa gaya
belajar kinestetik.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis
Deskriptif.Untuk menganalisis metakognisi siswa dalam pemecahan masalah
matematika, peneliti menggunakan indikator metakognisi dari Schraw yaitu: (1)
Perencanaan/planning, (2) Pemantauan/Monitoring, dan (3) Evaluasi/Reflection.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metakognisi dalam
menyelesaikan masalah matematika pada siswa gaya belajar visual dan kinestetik
pada tahap perencanaan, siswa dapat menggunakan informasi dari permasalahan
untuk menjawab soal dengan baik serta dapat menjelaskan dan menuliskan apa
saja yang ada pada permasalahan, sedangkan siswa gaya belajar auditori tidak
menuliskan informasi dari masalah yang diberikan. Pada tahap pemantauan,
metakognisi dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa gaya belajar
visual, auditori, dan kinestetik, siswa memeriksa informasi yang diperoleh pada
saat menyelesaikan masalah yang diberikan. Pada tahap evaluasi, metakognisi
dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa gaya belajar visual dan
auditori, siswa melakukan pengecekan kembali penyelesaian yang telah dilakukan
tetapi kurang lengkap dalam menuliskan hasil akhir pada kesimpulan akhir.
Sedangkan, metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada
siswa gaya belajar kinestetik di tahap evaluasi, siswa menuliskan hasil akhir pada
kesimpulan serta pada pengecekan kembali jawaban yang telah dikerjakan dengan
tepat benar.
Kata Kunci :Metakognisi, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar
xxvi
ABSTRACT
Rusnalia Mappa, 2023. "Analysis of Students' Metacognition in Mathematics
Problem Solving Based on Learning Style of Class XI Students of SMAN
5 LUWU". Thesis Mathematics Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Science, State Islamic Institute (IAIN) Palopo.
Supervised by Alia Lestari and Nilam Permatasari Munir.
This thesis discusses the analysis of students' metacognition in solving
mathematics problems in terms of learning styles of class XI students. This study
aims to describe how students' metacognition in solving math problems in visual
learning style students, describe how students' metacognition in solving math
problems in auditory learning style students, and describe how students'
metacognition in solving math problems in kinesthetic learning style students.
To analyze students' metacognition in solving mathematical problems,
researchers used Schraw's metacognition indicators, namely: (1) Planning, (2)
Monitoring, and (3) Evaluation/Reflection.
The results of this research show that metacognition in solving
mathematical problems in students visual and kinesthetic learning style students at
the planning stage, students can use information from the problem to answer
questions well and can explain and write down what is in the problem, while
students with auditory learning styles cannot write down the information and
problems provided. At the monitoring stage, metacognition in solving
mathematical problems for students with visual, auditory, and kinesthetic
learning styles, students check the information obtained when solving the given
problem. At the evaluation stage, students' metacognition in solving mathematical
problems for students with visual and auditory learning styles, students recheck
the solutions that have been made but are incomplete in writing down the final
results in the final conclusion. Meanwhile, metacognition in solving mathematical
problems for kinesthetic learning style students at the evaluation stage, students
write down the final results in the conclusion and check again that the answer they
have done are correct.
Keywords: Metacognition, Problem Solving, Learning Style
xxvii
ردشٚذ٘
روسناليا مابا ، .0202 "رسهٛم يب ٔساء انًعشفخ نهطَلة فٙ زم انًؾكَلد انشٚبضٛخ يٍ
زٛش أعهٕة انزعهى نطَلة انقف انسبد٘ عؾش فٙ ."LUWU 5 SMAN
أطشٔزخ ثشَبيح دساعخ رعهٛى انشٚبضٛبد ، كهٛخ انزشثٛخ ٔرذسٚت انًعهًٍٛ فٙ انًعٓذ
اإلعَليٙ انسكٕيٙ (IAIN (ثبنٕث.ٕ ثزٕخّٛ يٍ عهٛبء نٛغزبس٘ ََٛٔلو ثٛشيبربعبس٘
يُٛش.
رُبلؼ ْزِ األطشٔزخ رسهٛم يب ٔساء انًعشفخ نذٖ انطَلة فٙ زم انًؾكَلد
انشٚبضٛخ يٍ زٛش أعهٕة انزعهى نطَلة انقف انسبد٘ عؾش. رٓذف ْزِ انذساعخ ئنٗ
ٔفف كٛفٛخ لٛبو انطبنت ثًب ٔساء انًعشفخ فٙ زم انًؾكَلد انشٚبضٛخ نذٖ طَلة أعهٕة
انزعهى انجقش٘ ، ٔٔفف كٛفٛخ لٛبو انطبنت ثًب ٔساء انًعشفخ فٙ زم انًؾكَلد انشٚبضٛخ
نذٖ طَلة أعهٕة انزعهى انغًعٙ ، ٔٔفف كٛفٛخ لٛبو انطبنت ثًب ٔساء انًعشفخ فٙ زم
انًؾكَلد انشٚبضٛخ نذٖ طَلة أعهٕة انزعهى انسشك.ٙ
نزسهٛم يب ٔساء انًعشفخ نذٖ انطَلة فٙ زم انًؾكَلد انشٚبضٛخ ، اعزخذو
انجبزثٌٕ يإؽشاد يب ٔساء انًعشفخ يٍ Schraw ، :ْٙٔ( 1 )انزخطٛط ، )2( انًشالجخ ، ٔ
)3( انزمٛٛى / انزفكٛش.
أظٓشد َزبئح ْزِ انذساعخ أٌ يب ٔساء انًعشفخ نذٖ انطَلة فٙ زم انًغبئم
انشٚبضٛخ نذٖ انطَلة يٍ أعبنٛت انزعهى انجقش٘ ٔانسشكٙ فٙ يشزهخ انزخطٛط ، ًٚكٍ
نهطَلة اعزخذاو انًعهٕيبد يٍ انًغبئم نإلخبثخ عٍ األعئهخ ثؾكم خٛذ ًٚٔكٍ نهطَلة ؽشذ
ٔكزبثخ يب ْٕ يٕخٕد فٙ انًؾكهخ ، ثًُٛب أعهٕة انزعهى انغًعٙ َل ٚذٌٔ انطَلة يعهٕيبد يٍ
انًغأنخ انًسذدح. فٙ يشزهخ انًشالجخ ، يب ٔساء انًعشفخ نهطَلة فٙ زم انًؾكَلد انشٚبضٛخ
نذٖ طَلة أعهٕة انزعهى انجقش٘ ٔانغًعٙ ٔانسشكٙ ، ٚزسمك انطَلة يٍ انًعهٕيبد انزٙ
رى انسقٕل عهٓٛب فٙ ٔلذ زم يؾكهخ يعُٛخ. فٙ يشزهخ انزمٛٛى ، يب ٔساء انًعشفخ نهطَلة
فٙ زم انًؾكَلد انشٚبضٛخ فٙ طَلة أعهٕة انزعهى انجقش٘ ٔانغًعٙ ، ٚعٛذ انطَلة
فسـ انسهٕل انزٙ رى ئخشاؤْب ٔنكُٓب غٛش يكزًهخ فٙ كزبثخ انُزبئح انُٓبئٛخ فٙ اَلعزُزبج
انُٓبئ.ٙ ٔفٙ انٕلذ َفغّ ، يب ٔساء انًعشفخ انطبنت فٙ زم انًغبئم انشٚبضٛخ فٙ أعهٕة
انزعهى انسشكٙ انطَلة فٙ يشزهخ انزمٛٛى ، ٚكزت انطَلة انُزبئح انُٓبئٛخ فٙ اَلعزُزبخبد
ٔعهٗ ئعبدح فسـ اإلخبثبد انزٙ رى ئخشاؤْب ثؾكم فسٛر ثؾكم فسٛر .
الكلمات المفتاحية: يب ٔساء انًعشفخ ، زم انًؾكَلد ، أعهٕة انزعهى

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.72 Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:39
Last Modified: 01 Apr 2024 00:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item