PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ) MENGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MENANAMKAN NILAI - NILAI TOLERANSI BERAGAMA ANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

SUSANTI, SUSI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ) MENGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MENANAMKAN NILAI - NILAI TOLERANSI BERAGAMA ANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Skrpsi susi susanti uccy.pdf] Text
Skrpsi susi susanti uccy.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Susi Susanti, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Materi Menanamkan
Nilai-Nilai Teloransi Beragama Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Dr. Muhaemin, M.A. dan Arifuddin, S.Pd.I., M.Pd.
Pengembangan mediap pembelajaran pendidikan agama Islam
menggunakan Lectora Inspire merupakan salah satu bahan ajar berbasis
teknologi yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Terdapat
beberapa kendala yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Peserta didik kadang sulit untuk memahami materi pembelajaran, kurang tertarik
untuk belajar, menganggap proses pembelajaran pendidikan agama Islam
membosankan sehingga pengetahuan peserta didik masih kurang. Hal tersebut
dikarenakan bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku cetak yang tebal dan
kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan
peserta didik terhadap pengembangan Lectora Inspire pembelajaran pendidikan
agama Islam, untuk mengetahui kevalidan Lectora Inspire dan untuk mengetahui
kepraktisan Lectora Inspire.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and
Development). peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain),
development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation
(evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 kota Palopo. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2022/2023. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi dan
angket praktikalitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lectora Inspire pembelajaran
pendidikan agama Islam yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik. Hasil validasi Lectora Inspire pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu
validasi ahli media memperoleh persentase 79,16% dengan kriteria valid dan
hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat
valid. Untuk uji kepraktisan Lectora Inspire yang diperoleh dari pendidik
memperoleh persentase 96,7% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan
lectora inspire yang diperoleh dari peserta didik memperoleh persentase 89,5%
dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci : Pengembangan. Media, Pembelajaran Pendididkan Agama
Islam, Aplikasi Lectora Inspire SMPN VIII SMP 8 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:07
Last Modified: 01 Apr 2024 02:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8633

Actions (login required)

View Item View Item