EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN R E S O U R C E B A S E D L E A R N I N G ( R B L ) D A L A M MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMAN 2 LUWU TIMUR

DAMAYANTI, ALVINA (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN R E S O U R C E B A S E D L E A R N I N G ( R B L ) D A L A M MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMAN 2 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Alvina Damayanti, 2023.“ Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Resource
Based Learning (RBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis pada Siswa SMAN 2 Luwu Timur ” Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dwi Risky Arifanti dan
Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran
Resource Based Learning (RBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif matematis pada siswa SMAN 2 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui aktivitas siswa yang menerapkan model pembelajaran Resource
Based Learning, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan untuk
mengetahui keefektifan model pembelajaran Resource Based Learning dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMAN 2 Luwu
Timur.
Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperiment
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa. Data
yang diperoleh dalam penelitian ini melalui lembar observasi, lembar tes dan
dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial dengan berbantuan aplikasi IBM SPSS Statistics.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa observasi aktivitas
siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran
Resource Based Learning diperoleh nilai persentase sebesar 77,55% dengan
kategori “aktif”. Selanjutnya hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Resource Based Learning
termasuk dalam kategori “kreatif” dengan nilai rata-rata sebesar 67 ≤ 81,155 ≤
100. Adapun pada kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Resource
Based Learning termasuk dalam kategori ”kreatif” dengan nilai rata-rata 67 ≤
68,465 ≤ 100. Uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test
diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,001. Karena sig (2-tailed) < 0,05, maka
dinyatakan bahwa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.72 Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:56
Last Modified: 01 Apr 2024 02:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8639

Actions (login required)

View Item View Item