TEGAR, TEGAR (2024) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 PALOPO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tegar, 2023.“Efektifitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Di SMAN 2 Palopo”.Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Muhaemin dan Makmur.
Skripsi ini membahas tentang Efektifitas penggunaan media video
pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata
pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan:
untuk mengetahui bagaimana Efektifitas penggunaan media video pembelajaran
terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran pendidikan
agama islam di SMAN 2 Palopo
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental serta metode
penelitian ini sebagai bagian dari metode kuantitatif yang mempunyai ciri khas
tersendiri. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pre-eksperiment one
group pre-test-posttes designt. Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi
pre-test (O1), diberi treatment (X) dan diberi post-test (O2) Keberhasilan treatment
ditentukan dengan membandingkan nilai pre-test dan nilai post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media video pembelajaran efektif
terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran pendidikan
agama islam. Ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji
independent samples t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Selanjutnya dari tabel output diketahui nilai “Mean Diference” adalah se esar
22,79. Nilai ini menunjukkan selisih antara rata-rata tingkat efektivitas nilai
pretest dengan posttest atau 79,41 - 56,62 = 22,79 dan selisih efektivitas tersebut
adalah 19,02 sampai 26,55 (95% Confidence Interval Of The Difference Lower
Upper).
Kata Kunci: Efektifitas, Video Pembelajaran, Hasil Belajar Peserta Didik,
SMAN 2 Palopo
xx
ABSTRACT
Tegar, 2023. "The effectiveness of the Use of Learning Video Media on class XI
IPS Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education
Subjects at SMAN 2 Palopo". Thesis of the Islamic Religious
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by:
Muhaemin and Makmur.
This thesis discusses The effectiveness of the Use of Learning Video
Media on class XI IPS Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education
Subjects at SMAN 2 Palopo. This research aims: to find out The effectiveness of
the Use of Learning Video Media on class XI IPS Student Learning Outcomes in
Islamic Religious Education Subjects at SMAN 2 Palopo
This research uses experimental research methods and this research
method is part of a quantitative method which has its own characteristics. The
research design used was a pre-experiment one group pre-test-posttest design.
This design involves one group being given a pre-test (O1), given treatment (X)
and given a post-test (O2). The success of treatment is determined by comparing
the pre-test scores and post-test scores.
The results of the research show that: videos media is effective on the
learning outcomes of class students at SMAN 2 Palopo is proven by the results of
the t test which shows a sig. (2-tailed) of 0.000 < 0.05 as the basis for decision
making in the independent samples t test, it can be concluded that H0 is rejected
and H1 is accepted. Thus, it can be concluded that the more appropriate the media
used in learning, the higher the KKM achievement of class XI IPS 1 students at
SMAN 2 Palopo.
Keywords: effectiveness, Learning Videos, Student Learning Outcomes, SMAN
2 Palopo
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 00:18 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 00:33 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8651 |
Actions (login required)
View Item |