KEDWIBAHASAAN ANAK SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 42 BUNTU SAREK KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU

FATIMAH, FATIMAH (2024) KEDWIBAHASAAN ANAK SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 42 BUNTU SAREK KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fatimah T, 2024. “Kedwibahasaan Anak Sekolah Dasar dan Implikasinya
terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 42
Buntu Sarek Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu”. Skripsi
Program Studi Pendididkan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Firman dan Sukmawaty.
Skripsi ini membahas tentang Kedwibahasaan Anak Sekolah Dasar dan
Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 42
Buntu Sarek Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui Kedwibahasaan pada percakapan bahasa Luwu-Indonesia di
kelas 4 SDN 42 Buntu Sarek Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu.
Kedwibahasaan majemuk pada percakapan bahasa Luwu-Indonesia siswa di kelas
4 SDN 42 Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu dan Penggunaan bahasa
campuran siswa di kelas 4 SDN 42 Buntu Sarek Kecamatan Latimojong
Kabupaten Luwu.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif yang berpacu pada model metode Bogdan and Taylor,
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumntasi.
Subjek penelitian ini yaitu Kelas IV SDN 42 Buntu Sarek Kecamatan Latimojong
Kabupaten Luwu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks kelas 4 SDN 42 Buntu
Sarek, kedwibahasaan menunjukkan dinamika yang kompleks. Di dalam kelas,
siswa lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia, khususnya dalam interaksi
pembelajaran formal. Di luar kelas, bahasa Luwu lebih mendominasi, terutama
dalam interaksi sosial informal. Pola ini mencerminkan adaptasi siswa terhadap
kebutuhan komunikasi yang beragam di berbagai konteks.Faktor-faktor
lingkungan seperti keluarga, teman sebaya, dan media memainkan peran penting
dalam membentuk pola bicara siswa. Keluarga yang aktif menggunakan bahasa
Luwu mendukung pemertahanan identitas budaya, sementara interaksi dengan
teman dan media mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia di situasi informal.
Faktor-faktor ini saling berinteraksi, membentuk kedwibahasaan siswa, dan
menunjukkan adanya pengaruh lingkungan pada preferensi bahasa.Penggunaan
bahasa campuran memberikan dampak positif berupa pengembangan
keterampilan berbahasa yang kaya. Siswa mengalami pengayaan kosakata karena
kemampuan mereka beralih antara bahasa Luwu dan Indonesia. Tantangan
muncul dalam mendalami satu bahasa secara mendalam, dan terdapat potensi
keraguan identitas budaya terutama terkait eksposur terhadap bahasa Indonesia
formal. Strategi pendidikan yang mendukung pemahaman dan pengembangan
keterampilan berbahasa di kedua bahasa dapat membantu mengatasi tantangan ini.
Kata kunci: Kedwibahasaan, Pembelajaran
xxii
ABSTRACT
Fatimah T, 2024. "Bilingualism of Elementary School Children and its
Implications for Indonesian Language Learning in Class IV of SDN
42 Buntu Sarek, Latimojong District, Luwu Regency". Thesis of
Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program, Faculty
of Tarbiyah and Teacher Training Sciences, Palopo State Islamic
Institute. Supervised by Firman and Sukmawaty.
This thesis discusses the Bilingualism of Elementary School Children and its
Implications for Indonesian Language Learning in Class IV of SDN 42 Buntu
Sarek Latimojong District, Luwu Regency. This research aims: To find out the
bilingualism in Luwu-Indonesian conversations in class 4 of SDN 42 Buntu Sarek
Latimojong District, Luwu Regency. Compound bilingualism in Luwu-Indonesian
conversations of students in grade 4 of SDN 42 Latimojong Subdistrict, Luwu
Regency and the use of mixed languages of students in grade 4 of SDN 42 Buntu
Sarek Latimojong Subdistrict, Luwu Regency.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif yang berpacu pada model metode Bogdan and Taylor,
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumntasi. The subject of this research is Class IV of SDN 42 Buntu Sarek,
Latimojong District, Luwu Regency.
The results of this study show that in the context of grade 4 of SDN 42 Buntu
Sarek, bilingualism shows complex dynamics. Inside the classroom, students use
Indonesian more, especially in formal learning interactions. Outside the
classroom, Luwu language dominates, especially in informal social interactions.
This pattern reflects students' adaptation to diverse communication needs in
various contexts. Environmental factors such as family, peers, and media play an
important role in shaping students' speech patterns. Families that actively use
Luwu language support the maintenance of cultural identity, while interactions
with friends and the media influence the use of Indonesian in informal situations.
These factors interact with each other, shaping students' bilingualism and
demonstrating the influence of the environment on language preferences. Students
experience vocabulary enrichment as their abilities shift between Luwu and
Indonesian. Challenges arise in delving deeply into one language, and there is
potential for cultural identity doubt especially in relation to exposure to formal
Indonesian. Educational strategies that support comprehension and language skill
development in both languages can help overcome these challenges.
Keywords: Bilingualism, Learning
xxiii
نبذةمختصزة
أندي التانديكا،2024.
ثنائية اللغة ألطفال المدارس االبتدائية واآلثارالمترتبة على التعلم اإلندونيسي في
الصف الرابع
ND
24
kSraS tnuB
بونتو سارين ، منطمة التيموجونغ ، لوو
لتعليم ال برنامج مدرسة ابتداءية ريجنسي ". أطروحة
معلمين ، كلية التربية وتدريب
المعلمين في معهد بالوبو اإلسالمي الحكومي. يسترشد بالكلمة والسكمواتي
.
تٕبلص ٖ٘زاألطشٚحخحٕبئ١خاٌٍغخ ٌٜذأطفبياٌّذاسساالثتذائ١خٚآحبس٘ب ٍٝػ ٍُتؼاٌٍغخاإلٔذ١ٔٚس١خ ٟف
اٌصفاٌشاثغ ٟفSDN 42 Buntu Sarek،ِٕطمخLatimojong،Luwu Regency.٠ٙذف٘زا
اٌجحج ٌٝإ:تحذ٠ذحٕبئ١خاٌٍغخ ٟفِحبدحبداٌٍغخ ٌٍٚٛا-إٔذ١ٔٚس١خ ٟف ًاٌفص4 ِٓSDN 42 ٛثٛٔتسبس٠ه،
Buntu Sarekِٕطمخالت١ّٛجٛٔج،ِمبطؼخ ٌٚٛ.حٕبئ١خاٌٍغخاٌّتؼذدح ٟفِحبدحخاٌطالةLuwu-
اإلٔذ١ٔٚس١خ ٟف ًاٌفص4 ِٓSDN 42 KecamatanLatimojong،Kabupaten Luwu َٚاستخذا
اٌٍغبداٌّختٍطخ ِٓ ًلجاٌطالة ٟف ًاٌفص4 ِٓSDN 42 Buntu Sarek, Kecamatan
Latimojong،Kabupaten Luwu.
ِٕٙجاٌجحج َاٌّستخذ ِٕٛ٘ٙجثحج ّٟو ٟٚصف٠ؼتّذ ٍٝػّٔٛرجِٕٙج ْثٛجذاٚتب٠ٍٛس،ٚأدٚاداٌجحج
اٌّستخذِخ ٟ٘اٌّالحظخٚاٌّمبثالدٚاٌتٛح١ك.ِٛضٛع٘زااٌجحج ٛ٘اٌفئخاٌشاثؼخ ِٓSDN 42 Buntu
Sarek ٛثٛٔتسبس٠ه،ِٕطمخالت١ّٛجٛٔج،ِمبطؼخ ٌٚٛ
تظهر نتائج هذه الدراسة أنهفي سياق الصف2ND24kSraS tnuB، تظهر ثنائية اللغة
ديناميكيات معمدة. في الفصل الدراسي ، يستخدم الطالب اللغة اإلندونيسية أكثر ،خاصة في تفاعالت
التعلم الرسمية. خارج الفصل الدراسي ، تهيمن لغةuSuS، خاصة في التفاعالت االجتماعية غير
الرسمية. يعكس هذا النمط تكيف الطالب مع احتياجات االتصال المتنوعة عبر مجموعة متنوعة من
السيالات. تلعب العوامل البيئية مثل األسرة واأللران ووسائل اإلعالمدورا مهما في تشكيل أنماط خطاب
الطالب. تدعم العائالت التي تستخدم لغةuSuSبنشاط الحفاظ على الهوية الثمافية ، بينما تؤثر التفاعالت
مع األصدلاء ووسائل اإلعالم على استخدام اللغة اإلندونيسية في البيئات غير الرسمية. تتفاعل هذه العوامل
مع بعضها البعض ، وتشكل ثنائية اللغة لدى الطالب ، وتشير إلى تأثير البيئة على تفضيالت اللغة.
استخدام اللغات المختلطة له تأثير إيجابي في شكل تطوير مهارات لغوية غنية. يختبر الطالب إثراء
المفردات نظرا لمدرتهم على التبديل بين اللغاتuSuSواإلندونيسية. تنشأ تحديات في استكشاف لغة
واحدة بعمك، وهنان احتمال للشكون حول الهوية الثمافية ، خاصة فيما يتعلك بالتعرض للغة اإلندونيسية
الرسمية. يمكن أن تساعد االستراتيجيات التعليمية التي تدعم فهم وتطوير المهارات اللغوية باللغتين في
مواجهة هذه التحديات..
الكلمات المفتاحية:ثمافة التعلم،أداء الموظف ، مكتب التعليم في مدينة بالوبو

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:32
Last Modified: 04 Apr 2024 00:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8652

Actions (login required)

View Item View Item