STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI RUMAH MAKAN PANJALU KOTA PALOPO

AYUSRI, YUSMI (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI RUMAH MAKAN PANJALU KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of PUSAKA.pdf] Text
PUSAKA.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yusmi Ayusri, 2024 “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan
Rumah Makan Panjalu Kota Palopo”. Skripsi Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo
Dibimbing oleh Rismayanti, S.E., M.Si.
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran untuk meningkatkan
penjualan Rumah Makan Panjalu Kota Palopo. Adapun latar belakang penelitian
ini, penjualan di Rumah Makan Panjalu mengalami penurunan, hal ini dibuktikan
dengan berkurangnya karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi yang digunakan oleh Rumah Makan Panjalu Kota Palopo dalam
meningkatkan penjualannya.
Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik
analisis data menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini dilaksanakan pada
pertengahan bulan juni sampai Agustus dimulai dari observasi sampai penelitian,
dan objek penelitian yaitu Rumah Makan Panjalu Kota Palopo. Instrumen
penelitian yang digunakan peneliti untuk memperoleh informasi atau data dari
sumber wawancara, catatan dan rekam suara. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara penelitian dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diproleh dianalisis
dengan teknik analisis SWOT (pengumpulan data, tahap analisis dan pengambilan
keputusan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis SWOT yang digunakan
usaha Rumah Makan Panjalu Kota Palopo yaitu berdasarkan hasil analisis IFAS
dan EFAS bahwa keadaan internal dan eksternal usaha Rumah Makan Panjalu
Kota Palopo adalah berada pada kuadran III, hal ini menunjukkan bahwa usaha
Rumah Makan Panjalu Kota Palopo berada dalam kondisi yang menguntungkan,
Rumah Makan Panjalu memiliki kelemahan dan dapat memanfaatkan peluang
untuk meminimalisir kelemahan yang ada, sehingga dapat memungkinkan untuk
terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan, dan meraih kemajuan
secara maksimal. Pada posisi ini, agar dapat meningkatkan penjualan pada usaha
Rumah Makan Panjalu Kota Palopo maka prioritas strategi adalah
mempertahankan kualitas terhadap produk yang ditawarkan serta meningkatkan
minat beli konsumen dengan memaksimalkan sosial media dan internet.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, Peningkatan, Penjualan
xxiv
ABSTRACT
Yusmi Ayusri, 2024 “Marketing Strategy to Increase Sales of Panjalu
Restaurant, Palopo City”. Sharia Business Management
Study Program Thesis, Faculty of Economics and Islamic
Business, Palopo State Islamic Institute Supervised by
Rismayanti, S.E., M.Si.
This thesis discusses marketing strategies to increase sales of Panjalu
Restaurant, Palopo City. The background to this research is that sales at Panjalu
Restaurant have decreased, this is evidenced by the reduction in employees. This
research aims to determine the strategies used by the Panjalu Restaurant in Palopo
City to increase its sales.
his type of research uses descriptive qualitative with data analysis
techniques using SWOT analysis. This research was carried out in mid-June to
August starting from observation to research, and the research object was the
Panjalu Restaurant, Palopo City. Research instruments used by researchers to
obtain information or data from interview sources, notes and voice recordings.
Data was obtained through observation, research interviews and documentation.
Next, the data obtained was analyzed using the SWOT analysis technique (data
collection, analysis and decision making stages).
The results of the research show that the SWOT analysis used by the
Panjalu Restaurant business in Palopo City is based on the results of the IFAS and
EFAS analysis that the internal and external conditions of the Panjalu Restaurant
business in Palopo City are in quadrant III, this shows that the Panjalu Restaurant
business in Palopo City is in favorable conditions, Panjalu Restaurant has
weaknesses and can take advantage of opportunities to minimize existing
weaknesses, so that it can continue to expand, increase growth and achieve
maximum progress. In this position, in order to increase sales at the Panjalu
Restaurant business in Palopo City, the strategic priority is to maintain the quality
of the products offered and increase consumer buying interest by maximizing
social media and the internet.
Keywords: Marketing Strategy, SWOT, Improvement, Sales

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:23
Last Modified: 22 Apr 2024 01:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8673

Actions (login required)

View Item View Item