PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH 01 BONEPUTE

WULAN, SINAR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH 01 BONEPUTE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Sinar Wulan, 2024, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah 01
Bonepute”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh: Fauziah Zainuddin dan Muhammad Yamin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran
smart card pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah 01
Bonepute, mengetahui desain atau rancangan media pembelajaran smart card
pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute,
mengetahui validitas dan kepraktisan media pembelajaran smart card pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute. Jenis
penelitian ini adalah pengembangan atau Research & Development (R&D).
Dalam pengembangan media pembelajaran smart card ini peneliti menggunakan
model ADDIE yang terdiri dari analize, design, development, implementation, dan
evaluation. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute dengan
subjek penelitian yaitu pendidik mata pelajaran akidah akhlak dan peserta didik
kelas VI. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran yang
disukai peserta didik yaitu media yang di dalamnya terdapat gambar, animasi
dengan perpaduan warna yang tepat dan menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti oleh peserta didik, serta metode yang digunakan tidak membosankan
seperti bermain games sambil belajar sehingga peserta didik akan lebih senang
belajar. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran smart card pada
mata pelajaran akidah akhlak. Untuk tingkat kevalidan produk pegembangan
dilakukan uji validitas oleh validator ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk
mengetahui praktikalitas produk, peneliti menyebarkan angket praktikalitas
kepada peserta didik. Hasil validasi media pembelajaran smart card mendapatkan
penilaian dari ahli materi dengan nilai 92% masuk dalam kategori sangat valid,
dan nilai dari ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat valid. Hasil angket
respon terhadap praktikalitas media pembelajaran smart card, berdasarkan angket
respon pendidik, diperoleh hasil persentase 93,05% yang berada pada kategori
sangat praktis. Sedangkan angket respon peserta didik menghasilkan persentase
93,31% yang termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga layak untuk
digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smart Crad, Akidah Akhlak.
xxiii
ABSTRACT
Sinar Wulan, 2023, "Development of Smart Card Learning Media in Class VI
Moral Creed Subjects at Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute". Islamic
Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by: Fauziah
Zainuddin and Muhammad Yamin.
This research aims to determine the need for smart card learning media in
class VI moral aqidah subjects at Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute, to find out
the design or design of smart card learning media in class VI moral aqidah
subjects at Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute, to find out the validity and
practicality of learning media smart card in the class VI moral aqidah subject at
Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute. This type of research is development or
Research & Development (R&D). In developing this smart card learning media,
researchers used the ADDIE model which consists of analysis, design,
development, implementation and evaluation. The research was conducted at
Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute with the research subjects being class VI
students. Data collection techniques are, observation, interviews, questionnaires
and documentation. The results of the research state that the learning media that
students like is media that contains pictures, animations with the right
combination of colors and uses language that is easy for students to understand,
and the methods used are not boring, such as playing games while learning so
that students will happier studying. The product developed is in the form of smart
card learning media on the subject of moral beliefs. To determine the level of
validity of development products, a validity test is carried out by material expert
validators and media experts. Meanwhile, to find out the practicality of the
product, researchers distributed practicality questionnaires to students. The
validation results of the smart card learning media received an assessment from
material experts with a score of 92% in the very valid category, and the score
from media experts was 90% in the very valid category. The results of the
response questionnaire regarding the practicality of smart card learning media,
based on the educator response questionnaire, obtained a percentage result of
93.05% which is in the very practical category. Meanwhile, the student response
questionnaire produced a percentage of 93.31% which was included in the very
practical category so it was suitable for use.
Keywords: Learning Media, Smart Crad, Moral Creeds.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:10
Last Modified: 26 Apr 2024 06:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8687

Actions (login required)

View Item View Item