APRIANI, SELBI (2024) PROFIL ARGUMENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN MODEL TOULMIN KELAS VIII MTs NEGERI MASAMBA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Selbi Apriani, 2024, ―Profil Argumentasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Model
Toulmin Kelas VIII MTs Negeri Masamba, Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, dibimbing oleh Sumardin Raupu dan
Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Argumentasi Siswa
dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Berdasarkan Model Toulmin Kelas VIII MTs Negeri Masamba kelas VIII.B.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain
penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 18 orang siswa yang
berfokus pada kemampuan argumentasi siswa berdasarkan model toulmin yang
diukur menggunakan instrumen tes soal sistem persamaan linear dua variabel
(SPLDV). Adapun model toulmin yang digunakan dalam penelitian sesuai dengan
kisi-kisi instrumen peneliti yaitu, data, claim, warrant, backing, qualifer, rebuttal.
Dari 18 siswa terdapat tiga siswa yang terpilih berdasarkan kategori tinggi, sedang
dan rendah. Kemudian ketiga subjek tersebut diwawancara secara khusus untuk
mendapatkan data dan warrant sesuai dengan jawaban yang telah ditulis. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu
hasil tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan kemampuan argumentasi
tinggi mampu memenuhi kelima aspek model toulmin, dengan perolehan nilai 91
dari 95 nilai tertinggi. Kesalahan tersebut merupakan keliru tulis bukan pada
ketidaklengkapan aspek model toulmin. (2) Siswa yang memiliki kemampuan
argumentasi sedang, memperoleh nilai 52 dari 95 nilai tertinggi. Siswa hanya
mampu memenuhi 2 dari 5 aspek model toulmin yang telah dikemukakan oleh
peneliti. Yakni, mampu memberikan klaim terhadap langkah yang benar dan
langkah yang salah serta memberikan alasan mengapa langkah tersebut dikatakan
benar ataupun salah. (3) Siswa yang memiliki kemampuan arrgumentasi rendah
hanya memperoleh nilai 9 dari 95 nilai tertinggi. Siswa memiliki kesalahan pada
ke-4 soal SPLDV yang telah diberikan. Siswa dengan kemampuan argumentasi
rendah tidak mampu memenuhi semua aspek pada model toulmin. Selanjutnya,
khusus untuk aspek rebuttal pada model Toulmin, baik siswa kategori tinggi,
sedang, maupun rendah tidak mampu memenuhi aspek rebuttal.
Kata Kunci: Profil argumentasi, Model Toulmin, sistem persamaan linear dua
variabel (SPLDV)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 16 May 2024 01:43 |
Last Modified: | 16 May 2024 01:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8763 |
Actions (login required)
View Item |