PENGEMBANGAN E-LKPD TERINTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LIVEWORKSHEET DI KELAS IV SDN 41 BATUPUTIH KOTA PALOPO

ALFIRA, ALFIRA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD TERINTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LIVEWORKSHEET DI KELAS IV SDN 41 BATUPUTIH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfira, 2024. “Pengembangan E-LKPD Terintegrasi Pendekatan Kontekstual
Berbantuan Liveworksheet Di Kelas IV SDN 41 BatuPutih Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Salmilah dan Lilis Suryani
Skripsi ini membahas tentang pengembangan E-LKPD terintegrasi
pendekatan kontesktual berbantuan liveworksheet di kelas IV SDN 41 Batuputih
Kota Palopo. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran karena buku
paket yang di gunakan pendidik dalam proses pembelajaran kurang menarik minat
peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, kevalidan, kepraktisan,
dengan E-LKPD berbantuan liveworksheet SDN 41 Batuputih
Penelitan ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Reseacrh
and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari 5
tahapan yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap design, (3) tahap pengembangan, (4)
tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan pemberian angket kepada
peserta didik dan tenaga pendidik. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa dibutuhkan inovasi baru terkait
bahan ajar berupa E-LKPD terintegrasi pendekataan kontekstual berbantuan
liveworksheet, peserta didik lebih menyukai bahan ajar bergambar dan berwarna
serta interaktif dibanding dengan menggunakan buku teks serta dapat diakses kapan
dan dimana saja. Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD yang
dikembangkan. Menghasilkan sebuah produk berupa E-LKPD terintegrasi
pendekatan kontekstual berbantuan liveworksheet di kelas IV SDN 41 Batuputih
Kota Palopo yang divalidasi oleh 3 validator yaitu validator media dengan nilai
94% (sangat valid), validator materi sebesar 71% (valid), dan validator bahasa
sebesar 94% (sangat valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru diperoleh nilaisebesar
100% (sangat praktis) dan hasil uji kepraktisan peserta didik diperoleh dengan nilai
yaitu 93% (sangat praktis).
Kata Kunci: E-LKPD, Pendekatan Kontekstual, Liveworksheet

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 02:45
Last Modified: 16 May 2024 02:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item