NUR, HAMRIANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI PEMBELAJARAN TATA CARA PELAKSANAAN IBADAH HAJI DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AS'ADIYAH BELAWA BARU KEC. MALANGKE KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
ABSTRAK.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of REPOSITORY.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
REPOSITORY.pdf
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Hamriana Nur, 2024 "Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi 
Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji di Kelas VII 
Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru" Skripsi Program 
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu 
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh 
Muhazzab Said dan Fauziah Zainuddin.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran diorama 
pada materi pembelajaran tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah 
tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengembangkan media pembelajaran diorama pada materi tata cara ibadah haji, 
untuk mengetahui validitas media pembelajaran diorama dan untuk mengetahui 
respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran diorama.
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan 
model penelitian ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, 
dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah. As'adiyah 
Belawa Baru dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 31 
orang.
Penelitian ini menghasilkan Prototype akhir berupa media pembelajaran 
diorama pada materi tata cara pelaksanaan ibadah haji yang terbuat dari tripleks 
berukuran 60 X 70 yang dilengkapi dengan miniatur ka‟bah, orang-orangan, bukit 
safa dan marwah, bukit arafah, muzdalifah, jamarat dan materi singkat tata cara 
pelaksanaan ibadah haji.Setelah produk dibuat, peneliti menyebar angket validasi 
kepada tim validator untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan. 
Validator dalam penelitian ini terdiri dari validator ahli media, validator ahli 
materi dan validator ahli bahasa. Hasil dari validasi ahli media diperoleh dengan 
kualifikasi valid, validasi ahli materi diperoleh dengan kualifikasi sangat valid dan 
validasi ahli bahasa diperoleh dengan kualifikasi sangat valid. Dalam penelitian 
ini peneliti menggunakan 2 angket respon guru dan 31 angket respon peserta 
didik, berdasarkan angket respon guru diperoleh kualifikasi sangat praktis dan 
respon peserta didik diperoleh dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan 
hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media diorama pada materi tata 
cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah Tsanawiyah As'adiyah 
Belawa Baru sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan, Diorama, Tata cara pelaksanaan ibadah haji
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 336.24 Pajak Pendapatan, Pajak Penghasilan | 
| Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar | 
| Date Deposited: | 16 May 2024 03:46 | 
| Last Modified: | 16 May 2024 03:50 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8793 | 
