PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI PEMBELAJARAN TATA CARA PELAKSANAAN IBADAH HAJI DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AS'ADIYAH BELAWA BARU KEC. MALANGKE KAB. LUWU UTARA

NUR, HAMRIANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI PEMBELAJARAN TATA CARA PELAKSANAAN IBADAH HAJI DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AS'ADIYAH BELAWA BARU KEC. MALANGKE KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Hamriana Nur, 2024 "Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi
Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji di Kelas VII
Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru" Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh
Muhazzab Said dan Fauziah Zainuddin.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran diorama
pada materi pembelajaran tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah
tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran diorama pada materi tata cara ibadah haji,
untuk mengetahui validitas media pembelajaran diorama dan untuk mengetahui
respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran diorama.
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan
model penelitian ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah. As'adiyah
Belawa Baru dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 31
orang.
Penelitian ini menghasilkan Prototype akhir berupa media pembelajaran
diorama pada materi tata cara pelaksanaan ibadah haji yang terbuat dari tripleks
berukuran 60 X 70 yang dilengkapi dengan miniatur ka‟bah, orang-orangan, bukit
safa dan marwah, bukit arafah, muzdalifah, jamarat dan materi singkat tata cara
pelaksanaan ibadah haji.Setelah produk dibuat, peneliti menyebar angket validasi
kepada tim validator untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan.
Validator dalam penelitian ini terdiri dari validator ahli media, validator ahli
materi dan validator ahli bahasa. Hasil dari validasi ahli media diperoleh dengan
kualifikasi valid, validasi ahli materi diperoleh dengan kualifikasi sangat valid dan
validasi ahli bahasa diperoleh dengan kualifikasi sangat valid. Dalam penelitian
ini peneliti menggunakan 2 angket respon guru dan 31 angket respon peserta
didik, berdasarkan angket respon guru diperoleh kualifikasi sangat praktis dan
respon peserta didik diperoleh dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan
hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media diorama pada materi tata
cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah Tsanawiyah As'adiyah
Belawa Baru sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan, Diorama, Tata cara pelaksanaan ibadah haji

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 336.24 Pajak Pendapatan, Pajak Penghasilan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 03:46
Last Modified: 16 May 2024 03:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item