ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PENINGKATAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PALOPO

ALFADHILAH, AHMAD REZI (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PENINGKATAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Rezi Alfadhilla, 2023. “Analisis Perilaku Konsumen pada Peningkatan
Penggunaan Jasa Transportasi Online di Kota Palopo”.Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Shadri Kahar Muang, SE., M.M.
Penelitian ini membahas tentang Perilaku Konsumen pada Peningkatan
Penggunaan Jasa Transportasi Online di Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan perilaku konsumen terhadap penggunaan jasa transportasi online
yang ada di Kota Palopo. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi
data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian bahwa Kualitas pelayanan
yang diberikan kepada konsumen tidak selalu baik dan terkadang driver tidak tepat
waktu dalam mengantarkan pesanan kepada konsumen. Namun ada juga yang
memiliki pengalaman menggunakan jasa transportsi online sangat puas dengan
pelayanan yang diberikan. Kemudahan akses yang diberikan kepada konsumen
sangat bermanfaat ketika melakukan pemesanan dengan sekali klik di aplikasi
ataupun via telefon pribadi kepada kurir ojek online tergantung seberapa sering
konsumen melakukan pemesanan kepada kurir transportasi online yang sudah
menjadi langganan konsumen. Harga yang diberikan kurir ojek online tergantung
jarak temput pengantaran dan jumlah barang yang dipesan oleh konsumen,
sehingga harga yang diberikan tidak menentu. Kepercayaan konsumen terhadap
penggunaan jasa transportasi online yang menyatakan bahwa tidak semua jasa ojek
online memberikan kepercayaan kepada konsumen, tergantung siapa drivernya
sehingga konsumen memilih driver ojek online yang akan digunakan untuk
melakukan pemesanan. Minat dalam melakukan pemesanan kembali melalui jasa
ojek online sangat sering dilakukan oleh konsumen bahkan sampai 3 kali dalam
sehari menggunakan jasa ojek online, karena memudahkan konsumen dalam
melakukan pekerjaan sehingga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dengan
adanya jasa transportasi online.
Kata kunci : Analisis, Perilaku, Jasa Transportasi Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 16 May 2024 06:11
Last Modified: 16 May 2024 06:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item