PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 LUWU

NURMITA, NURMITA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurmita, 2024.“Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mappingg
pada Materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Kelas XI SMA
Negeri 2 Luwu”. Skiripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Muhammad Yamin.
Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMA Negeri 2 Luwu hanya menggunakan buku paket yang tersedia dengan
menerapkan metode pembelajaran konvensional seperti metode ceramah dan
diskusi. Pendidik tidak sempat memanfaatkan bahan/media pembelajaran berbasis
teknologi disebabkan keterbatasan aliran listrik di ruangan kelas. Selain itu
kurangnya sumber belajar yang bervariasi seperti e-modul yang digunakan oleh
pendidik menyebabkan kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam
memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dilakukan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran e-modul
berbasis mind mapping pada materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa di kelas
XI SMA Negeri 2 Luwu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and
Development), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Luwu tahun ajaran 2023/2024. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media e-modul berbasis mind
mapping dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari keempat validator ahli dengan
perolehan persentase 85% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi dan 75% oleh ahli
bahasa. Adapun pada uji praktikalitas melalui respons peserta didik diperoleh rata-
rata persentase 85,5% yang menunjukkan bahwa media e-modul berbasis mind
mapping memenuhi kriteria sangat praktis.
Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Mind Mapping, Toleransi Sebagai Alat
Pemersatu Bangsa, SMA Negeri 2 Luwu, PAI di SMA.
xxii
ABSTRACT
Nurmita, 2024."Development of Mind Mapp-based Learning E-Modules on
Tolerance Material as a Nation Unifying Tool in Class XI SMA Negeri
2 Luwu". Skiripsi Islamic Religious Education Study Program, Faculty
of Tarbiyah and Teacher Science, State Islamic Institute (IAIN) Palopo.
Supervised by Muhaemin and Muhammad Yamin.
Teaching materials used in learning Islamic religious education at SMA
Negeri 2 Luwu only use available textbooks by applying conventional learning
methods such as lecture and discussion methods. Educators do not have time to
utilize technology-based learning materials/media due to limited electricity in the
classroom. In addition, the lack of varied learning resources such as e-modules used
by educators causes a lack of interest and motivation of students in understanding
Islamic religious education learning. The purpose of this study was to determine the
validity and practicality of mind mapping based e-module learning media on the
material of tolerance as a nation unifying tool in class XI SMA Negeri 2 Luwu.
This research uses the type of R&D (Research and Development) research,
with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). The subjects in this study were students of class XI
IPA 5 SMA Negeri 2 Luwu in the 2023/2024 school year. Data collection
techniques in this study were interviews, observations, questionnaires and
documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative and
descriptive quantitative analysis.
The results of this study indicate that the mind mapping based e-module
media is declared valid based on the assessment of the four expert validators with
a percentage of 85% by media experts, 95% by material experts and 75% by
linguists. As for the practicality test through student responses, an average
percentage of 85.5% was obtained, indicating that the mind mapping based e-
module media met the criteria for being very practical.
Keywords: E-Module Development , Mind Mapping, Tolerance as a Nation
Unifying Tool, SMA Negeri 2 Luwu, PAI in High Scho

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 17 May 2024 06:46
Last Modified: 17 May 2024 06:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item View Item