ALDHA, ALDHA (2024) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN ANIMO CALON SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (4MB) |
Abstract
xxii
ABSTRAK
Aldha, 2024. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Peningkatan Animo
Calon Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Luwu”. Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hilal Mahmud
M.M dan Pertiwi Kamaria Hasis S.Pd. M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran jasa pendidikan dalam
peningkatan animo calon siswa di sekolah menengah atas negeri 15 Luwu.
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui peningkatan animo calon siswa, faktor
internal dan eksternal dalam mendukung peningkatan animo calon siswa dan
startegi pemasaran jasa pendidikan dalam peningkatan animo calon siswa di
sekolah menengah atas negeri 15 Luwu.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan format dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan
pedoman observasi/catatan lapangan, pedoman wawancara dan format
dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek, tim PPDB dan
siswa SMA Negeri 15 Luwu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa:1), animo calon siswa di SMA
Negeri 15 Luwu dari tahun 2020 jumlah animo calon siswa sebanyak 143 orang,
tahun 2021 sebanyak 167 orang, tahun 2022 sebanyak 169 orang, dan pada tahun
2023 sebanyak 171 orang, menunjukkan bahwa animo calon siswa meningkat di
setiap tahunnya walaupun tidak siknifikan. 2) Faktor internal yang mendukug
peningkatan animo calon siswa yang meliputi kekuatan dan kelemahan yang
menunjukkan a). Kekuatan utamanya adalah memiliki program priotas, b).
Kelemahan utama masih banyak guru yang menngunakan metode konvesional
dalam proses pembelajaran serta faktor eksternal meliputi a). Peluang utamanya
adalah memiliki ekstrakurikuler yang memadai dan yang menjadi b). Ancaman
dorongan dan motivasi orang tua yang sangat minim. 3) Strategi dalam pemasaran
jasa pendidikan dalam peningkatan animo calon siswa di SMA Negeri 15 Luwu
adalah meningkatkan kemampuan leader dan memiliki komitmen yang tinggi,
meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran aktif, kreatif, dan efektif
meningkatkan citra sekolah melalui sosialisasi dan meningkatkan program prioritas
sekolah.
Kata kunci: Strategi, Pemasaran Jasa Pendidikan, Peningkatan Animo
xxiii
ABSTRACT
Aldha, 2024. "Marketing Strategy for Educational Services in Increasing the
Interest of Prospective Students at State High School 15 Luwu". Thesis for
the Islamic Education Management Study Program, Faculty of Education
and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by Dr.
Hilal Mahmud M.M and Pertiwi Kamaria Hasis S.Pd. M.Pd.
This thesis discusses marketing strategies for educational services in
increasing the interest of prospective students at 15 Luwu state high schools. This
research aims to determine the increase in interest of prospective students, internal
and external factors in supporting the increase in interest of prospective students
and marketing strategies for educational services in increasing the interest of
prospective students at State Senior High School 15 Luwu.
The research method used is a descriptive qualitative research approach.
The data collection techniques used are observation, interviews and documentation
format. This research instrument uses observation guidelines/field notes, interview
guidelines and documentation format. The subjects of this research were the
principal, vice principal, PPDB team and students at state senior high school 15
Luwu. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and
drawing conclusions.
The results of this research show that: 1), the interest of prospective students
at state senior high school 15 Luwu from 2020 to 2023 shows that the interest of
prospective students increases every year, although not significantly. 2) Internal
factors that support increasing the interest of prospective students which include
strengths and weaknesses which show that the main strength is having a priority
program and the weakness is that there are still many teachers who use conventional
methods in the learning process as well as external factors including opportunities
and threats originating from the environment outside the school where the main
opportunity is having adequate extracurriculars and the threat of parental
encouragement and motivation is very minimal. 3) The strategy in marketing
educational services to increase the interest of prospective students at state senior
high school 15 Luwu is to improve the school's image through outreach and
improving school priority programs.
Keywords: Strategy, Marketing Education Services, Increasing Interest
xxiv
ملخص
الضَّهَا،٢٤٢٠.ََّعْلِيمِيَّة ِ فِي زِيَادَة ِ اهْتِمَام ِ الط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين ِ"اسْتِرَاتِيجِيَّة ُ التَّسْوِيق ِ لِلْخِدْمَات ِ التِ فِي الْمَدْرَسَة
الثَّانَوِيَّة ِ الْحُكُومِيَّة٥١ََّّرْبِيَة ِ ا ْلِْس َّْلَمِي َرْنَامَج ِ دِرَاسَة ِ إِدَارَة ِ الت ِ لُوو". رِسَالَة ً لِبة ِِ َّرْبِيَة ِ وَتَدْرِي ِ ، ُُليِيَّة ِ الت
َ الْمُعَليِمِينَ ، الْجَامِعَة َ ا ْلِْس َّْلَمِيَّة َ الْحُكُومِيَّة َ بِالُوبُو. بِإِشْرَاف ِ الد ُُّْتُور ِ ه َِّلَل ِ مَحْمُود ِ الْمَاجسْتِيرِ ، و
بِيرْتِيُوي ْ َُامَارْيَا هَاسِيس ْ الْمَاجِسْتِيرَةِ.ْ
ُنَاقِش ُ هَذِه ِ ا ْلُْط تَّعْلِيمِيَّة ِ فِي زِيَادَة ِ اهْتِمَام ِ ا َ رُوحَة ُ اسْتِرَاتِيجِيَّات ِ تَسْوِيق ِ الْخِدْمَات ِ التلط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين
فِي٥١ِْيَادَة ِ فِي اهْتِمَام ِ الط َُّّلَّب ِ اليَهْدِف ُ هَذَا الْبَحْث ُ إِلَى تَحْدِيد ِ الز ِ مَدْرَسَة ً ثَانَوِيَّة ً بِو َِلَيَة ِ لُوو. يمُحْتَمَلِينَ ، وَالْعَوَامِل
ِيَادَة ِ فِي اهْتِمَام ِ الط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين َ وَاسْتِرَاتِيجِيَّات ِ ايالدَّاخِلِيَّة ِ وَالْخَارِجِيَّة ِ فِي دَعْم ِ الزلَّعْلِيمِيَّة ِ فِي ِ تَّسْوِيق ِ لِلْخِدْمَات ِ الت
زِيَادَة ِ اهْتِمَام ِ الط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين َ في الْمَدْرَسَة ِ الثَّانَوِيَّة ِ الْحُكُومِيَّة ِ الْعُلْيَا٥١لِوو.ْ
َيَانَات ِ ال ُِ جَمْع ِ الْب ِ ، وَأَسَالِييَّوْعِي ِ النيْهَج ُ الْبَحْث ِ الْوَصْفِي ِ طَرِيقَة ُ الْبَحْث ِ الْمُسْتَخْدَمَة ُ هِي َ مَنُ مُسْتَخْدَمَة
ْ هِي َ الْم َُّلَحَظَة ُ وَالْمُقَاب ََّلَت ُ وَشَكْلَّوْثِيقِ. تَسْتَخْدِم ُ أَدَاة ُ الْبَحْث ِ هَذِه ِ إِرْشَادَات ِ الْم َُّلَحَظَةِ/ال َ التم َُّلَحَظَات ِ الْمَيْدَانِيَّة
َنْسِيق َ الْوَثَائِقِ. َُانَت ْ مَوْضُوعَات ُ هَذَا الْبَحْث ِ هِي َ مُدِير َ الْمَدْرَسَة ِ وَنَا َلَة ِ وَت ِ وَإِرْشَادَات ِ الْمُقَابَ ئُ َِ الْمُدِير ِ وِ فَرِيق َوَط َُّلَّب
الْمَدْرَسَة ِ الثَّانَوِيَّة ِ الْحُكُومِيَّة٥١َْيَانَات ِ وَعَرْض ُ ال َقْلِيل ُ الْب َيَانَات ِ الْمُسْتَخْدَمَة ِ هِي َ ت ِ لُووْ. تِقْنِيَّات ُ تَحْلِيل ِ الْبَيَانَات ب
َّتَائِجِ. وَاسْتِخ َّْلَص ُ النِ
َتَائِج ُ هَذَا الْبَحْث ِ مَا يَل تَظْهِر ُ ني:ُ ٥ِ ) يُظْهِر ُ اهْتِمَام ُ الط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين َ فِي الْمَدْرَسَة ِ الثَّانَوِيَّة ِ الْحُكومِيَّة
٥١ِلُوَو ْ مِن ْ عَام٠٢٠٢ِإِلَى عَام٠٢٠٢ٍَزْدَاد ُ ُُل َّ عَامٍ ، وَإِن ْ لَم ْ يَكُن ْ بِشَكْل أَن َّ اهْتِمَام َ الط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين َ ي
مَلْحُوظٍ.َ ٠) الْعَوَامِل ُ الدَّاخِلِيَّة ُ الَّتِي تَدْعَم ُ زِيَادَة َ اهْتِمَام ِ الط َُّّلَّب ِ الْمُحْتَمَلِين َ وَالَّتِي تَشْمَل ُ نِقَاطاْ لْقُوَّة ِ وَالضَّعْف ِ الَّتِي
ُق َرْنَامَج ٍ ذُو أَوْلَوِيَّة ٍ وَن ُقْطَة َ الْقُوَّة ِ الرَّئِيسِيَّة ِ هِي َ وُجُود ُ ب ِ تُظْهِر ُ أَن َّ نَطَة ُ الضَّعْفَزَال ُ هُنَاك َ الْعَدِيد ُ مِن ْ الْمُعَليِمِين َلَ ي ُ ُ هِي َ أَنَّه
َّعَلُّم ِ و ََُذَلِك َ الْخَارِجِيَّة ُ الْعَوَامِل َّقْلِيدِيَّة َ فِي عَمَلِيَّة ِ الت َِ الت ُالَّذِين َ يَسْتَخْدِمُون َ ا ْلَْسَالِيَّهْدِيدَات َّ بِمَا فِي ذَلِك َ الْفُرَص ُ وَالت
َ النِج َ الْمَدْرَسَة ِ حَيْث ُ الْفُرْصَة ُ الرَّئِيسِيَّة ُ هِي َ الْحُصُول ُ عَلَى مَنَاهِج َ َُافِيَة ٍ خاشِئَة ُ عَن ْ الْبِيئَة ِ خَارُ اَهْدِيد ْهَج ِ وَت ِج َ الْمَنر
تَشْجِيع ِ الْوَالِدَيْن ِ وَتَحْفِيزِهِم ْ ضَئِيل ٌ لِلْغَايَةِ.ْ ٢َتَمَثَّل ُ اسْتِرَاتِيجِيَّة ُ تَس ت ) َِّعْلِيمِيَّة ِ لِز ِ وِيق ِ الْخِدْمَات ِ التِ يَادَة ِ اهْتِمَام ِ الط َُّّلَّب
الْمُحْتَمَلِين َ فِي الْمَدْرَسَة ِ الثَّانَوِيَّة ِ الْحُكُومِيَّة٥١َرَا َّوْعِيَة ِ وَتَحْسِين ِ ب ِ لِوو ْ فِي تَحْسِين ِ صُورَة ِ الْمَدْرَسَة ِ مِن ْ خ َِّلَل ِ التْ مِج
أَوْلَوِيَّات ِ الْمَدرَسَةِ.
الْكَلِمَات ُ الْمِفْتَاحِيَّةُ:َُزَايِد َّعْلِيمِيَّةِ ، ا َلِهْتِمَام ُ الْمُت ا ْلِْسْتِرَاتِيجِيَّةُ ، تَسْوِيق ُ الْخِدْمَات ِ الت
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 001 Ilmu Pengetahuan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:36 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:36 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8875 |
Actions (login required)
View Item |