MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEBERAGAMAAN DI SMPIT INSAN MADANI KOTA PALOPO

HASTUTI, WIDIYA (2023) MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEBERAGAMAAN DI SMPIT INSAN MADANI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (3MB)

Abstract

xxii
ABSTRAK
Widiyahastuti, 2022, “Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam
Membentuk Perilaku Keberagamaan Peserta didik di SMPIT Insan
Madani Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh (I) Dr.H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I dan (II)
Arifuddin, S.Pd., M.Pd
Kurikulum PAI SMPIT adalah perpaduan kurikulum dinas dan kurikulum
kekhasan JSIT dengan tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum,
semua mata pelajaran dan seluruh kegiatan disekolah tidak lepas dari nilai dan
ajaran Islam secara integratif dalam bentuk kurikulum. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui model dan dampak implementasi kurikulum PAI terhadap
perilaku keberagamaan peserta didik. Peneliti ini menggunakan deskriptif
kualitatif. Adapun sumber-sumber yang digunakan adalah data primer dan
sekunder yang keseluruhan berkaitan dengan model dan implementasi Kurikulum
PAI di SMPIT Insan Madani Palopo yang kemudian memperoleh dan
menganalisis data dengan pendekatan pedagogis. Berdasarkan analisis terhadap
data yang ada penulis menyimpulkan bahwa model kurikulum PAI memadukan
secara integratif ajaran dan nilai-nilai agama Islam dalam setiap mata pelajaran
melalui pendekatan pembelajaran yang efektif yang melibatkan partisipasi aktif
orang tua, pendidik dan seluruh stekeholder sekolah serta masyarakat. Kemudian
dampak implementasi kurikulum PAI memberikan dampak positif dan signifikan
cukup baik dalam meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik dalam
kehidupan sehar-hari.
Kata kunci : kurikulum, implementasi, perilaku keberagaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 May 2024 02:17
Last Modified: 28 May 2024 02:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item