TANTANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PERBANKAN SYARIAH DI ERA DIGITAL (STUDI PADA BANK SYARIAH INDONESIA CABANG PALOPO)

SAFRINA, SAFRINA (2024) TANTANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PERBANKAN SYARIAH DI ERA DIGITAL (STUDI PADA BANK SYARIAH INDONESIA CABANG PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
SAFRINA, 2024. “Tantangan Sumber Daya Manusia Perbankan Syariah di Era
Digital (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Palopo)””.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Zainuddin.
Penelitian ini membahas tentang tantangan sumber daya manusia perbankan
syariah di era digital pada Bank Syariah Indonesia KCP Palopo. Sehingga tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja tantangan yang Bank Syariah Kota
Palopo hadapi di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan merupakan
penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian yaitu karyawan dan
nasabah BSI Andi Djemma Palopo, kemudian data yang digunakan yaitu data
primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti
gunakan untuk mendapatkan data yang objektif dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
anatar lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). BSI KCP Andi
Djemma Palopo menghadapi beberapa tantangan terkait sumber daya manusia
(SDM). Pertama, BSI KCP Andi Djemma Palopo menghadapi risiko keamanan,
termasuk ancaman serangan siber dan penipuan keuangan, sehingga memerlukan
SDM dengan keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk menghadapi
berbagai skenario keamanan. Kedua, bank harus memastikan pelayanan yang
cepat kepada nasabah dalam era digital yang berkembang pesat, menuntut SDM
dengan keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan multitasking. Selain
itu, kurangnya perluasan jaringan kantor dan ATM mengakibatkan kesulitan bagi
nasabah untuk melakukan transaksi, yang dapat mempengaruhi minat masyarakat
dalam menggunakan produk perbankan syariah. 2). Strategi untuk mengatasi
tantangan yang dihadapi oleh Bank Syariah Indonesia KCP Andi Djemma Palopo
melakukan pelatihan bagi karyawan secara ruitn dan BSI KCP Palopo juga
melakukan sosialisasi aktif kepada masyarakat tentang produk dan prinsip
perbankan syariah melalui berbagai acara dan media sosial untuk meningkatkan
kesadaran dan minat masyarakat terhadap perbankan syariah.
Kata kunci: Era Digital, Perbankan Syariah Sumber, Sumber Daya Manusia.
xix
ABSTRACT
SAFRINA, 2024. "Challenges of Sharia Banking Human Resources in the Digital
Age (Study at Bank Syariah Indonesia Palopo Branch)"". Thesis of
Sharia Banking Study Program, Faculty of Economics and Islamic
Business, Palopo State Islamic Institute. Guided by Zainuddin.
This research discusses the Challenges of Sharia Banking Human Resources in
the Digital Era at Bank Syariah Indonesia Palopo Branch. So the purpose of this
study is to find out what are the challenges faced by Bank Syariah Palopo City in
the digital era. This research uses a descriptive qualitative research approach,
while the type of research used is field research. The subjects of the study were
BSI employees and customers Andi Djemma Palopo, then the data used were
primary data and secondary data. The data collection techniques that researchers
use to obtain objective data in this study are observation, interviews and
documentation. Data analysis techniques used include data collection, data
reduction, data presentation and conclusions. Based on the results of the study
showed that 1). Human resource (HR) challenges at Bank Syariah Indonesia KCP
Palopo in the digital era include the lack of quality and quantity of human
resources and the lack of expansion of office and ATM networks. The lack of
quality human resources hampers optimal service to customers and reduces the
bank's operational efficiency in the face of digital banking technology.
Meanwhile, the lack of expansion of office and ATM networks results in
difficulties for customers, especially in peripheral areas, in conducting
transactions, and can affect public interest in using Islamic banking products. 2).
Straregi to overcome the challenges faced by Bank Syariah Indonesia KCP Andi
Djemma Palopo conducts training for employees in detail and BSI KCP Palopo
also conducts active socialization to the public about Islamic banking products
and principles through various events and social media to increase public
awareness and interest in Islamic banking.
Keywords: Digital Era, Shariah Banking Resources, Human Resources

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:04
Last Modified: 27 Jun 2024 02:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item