ANALISIS PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN SELF EFFICACY TERHADAP EKSISTENSI USAHA MAHASISWA DI KOTA PALOPO

KARINA, MUTIARA (2024) ANALISIS PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN SELF EFFICACY TERHADAP EKSISTENSI USAHA MAHASISWA DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK
Mutiara Karina, 2024. “Pengaruh Digital Literacy dan Self Efficacy terhadap
Eksistensi Usaha Mahasiswa di Kota Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Mursyid, S.Pd., M.M.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Digital Literacy dan Self Efficacy
terhadap Eksistensi Usaha Mahasiswa Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk
mengetahui pengaruh Digital Literacy terhadap eksistensi usaha mahasisw di Kota
Palopo secara parsial, untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy terhadap eksistensi usaha
mahasiswa Kota Palopo secara parsial, dan untuk mengetahui pengaruh Digital Literacy
dan Self Efficacy terhadap eksistensi usaha mahasiswa Kota Palopo secara simultan. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh Digital Literacy dan Self
Efficacy terhadap eksistensi usaha mahasiswa Kota Palopo. Populasinya adalah
mahasiswa Kota Palopo yang memiliki usaha. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik Purposive Sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus chocran.
Berdasarkan rumus tersebut, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 mahasiswa.
Data diperoleh melalui survey, kuesioner, dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian
ini diolah dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien
determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Literacy (X1)
berpengaruh posistif dan signifikan terhadap Eksistensi Usaha (Y) mahasiswa, variabel
Self Efficacy (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Eksistensi Usaha (Y)
mahasiswa. Digital Literacy (X1) dan Self Efficacy (X2) berpengaruh signifikan secara
simultan terhadap Eksistensi Usaha (Y) mahasiswa. Adapun kemampuan Digital Literacy
(X1) dan Self Efficacy (X2) dalam menjelaskan pengaruh pada Eksistensi Usaha (Y)
mahasiswa yaitu sebesar 68,9% dan sisanya sebesar 31,1% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Digital Literacy, Eksistensi Usaha, Self Efficacy
xxi
ABSTRACT
Mutiara Karina, 2024. “The Influence of Digital Literacy and Self Efficacy on the
Business Existence of Palopo City Students”. Thesis of the Sharia Business
Management Study Program, Palopo State Islamic Institute. Supervised by
Mursyid, S.Pd., M.M.
This thesis discusses the Influence of Digital Literacy and Self Efficacy on the
Business Existence of Palopo City Students. This research aims: To determine the
influence of Digital Literacy on the existence of Palopo City students’ businesses
partially, to determine the influence of Self-Efficacy on the existence of Palopo City
students’ businesses partially, and to determine the influence of Digital Literacy and Self
Efficacy on the existence of Palopo City students’ businesses simultaneously. This type of
research is quantitative to examine the influence of Digital Literacy and Self-Efficacy on
the existence of student businesses in the City of Palopo. The population is Palopo City
students who own businesses. Sampling was carried out using the Purposive Sampling
technique and determining the number of samples using the Chocran formula. Based on
this formula, the number of samples used was 97 students. Data was obtained through
surveys, questionnaires and documentation. Furthermore, this research data was
processed using multiple linear regression analysis, t test, F test, and coefficient of
determination test. The results of this research show that the Digital Literacy variable
(X1) has a positive and significant effect on students’ Business Existence (Y), the Self
Efficacy variable (X2) has a positive and significant effect on students’ Business Existence
(Y). Digital Literacy (X1) and Self Efficacy (X2) simultaneously have a significant effect
on students’ Business Existence (Y). The ability of Digital Literacy (X1) and Self Efficacy
(X2) in explaining the influence on students’ Business Existence (Y) is 68.9% and the
remaining 31.1% is explained by other variables not included in the research.
Keywords: Digital Literacy, Business Existence, Self Efficacy
xxii

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 174.4 Etika Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:47
Last Modified: 05 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8957

Actions (login required)

View Item View Item