PENGARUH LIVE STREAMING DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA

SURIANTI, SURIANTI (2024) PENGARUH LIVE STREAMING DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK
Surianti, 2024, “Pengaruh Live Streaming dan Testimoni Terhadap Keputusan
Pembelian E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa” Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani, S.T.,
M.M.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Live Streaming dan Testimoni
Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh live
streaming dan testimoni terhadap keputusan pembelian E-Commerce Shopee pada
mahasiswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Sulawesi Selatan. Sedangkan teknik
penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling
dengan penentuan sampel di peroleh sebanyak 384 sampel. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui pembagian kuesioner kepada
responden. Selanjutnya, teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan
program SPSS versi 26. Adapun tahapan dalam teknik analisis data pada penelitian
ini menggunakan uji instrument, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, serta metode
dari analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel live streaming
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari
perbandingan t hitung > t tabel (8,535 > 1,966) dengan nilai signifikan 0,000<0,05,
dan Testimoni (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) dilihat dari
perbandingan t hitung > t tabel (8,635 > 1,966) dengan nilai signifikan 0,000<0,05.
variabel live streaming dan testimoni secara simultan memiliki pengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian e-commerce shopee pada mahasiswa dilihat dari
nilai f hitung > f tabel (355,494 > 3,02). Hasil perhitungan uji R² diperoleh
sumbangsih sebesar 65,1 % sedangkan sisanya yaitu sebesar 34,9% dipengaruhi
oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Live Streaming, Testimoni.
xxii
ABSTRACT
Surianti, 2024, "The Influencer of Live Streaming and Testimonials on Shopee E
Commerce Purchasing Decisions Among Students" Thesis Sharia Business
Management Study Program, Faculty of Economics and Islamic Business,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Supervised by Muzayyanah Jabani,
S.T., M.M.
This thesis is about the influence of Live Streaming and Testimonials on
Shopee E-Commerce Purchasing Decisions in Students. The purpose of this study
is to determine whether there is an influence of live streaming and testimonials on
Shopee E-Commerce purchasing decisions in students.
This type of research uses quantitative research methods. The population in
this study were students in South Sulawesi. While the sampling technique in this
study was purposive sampling method with the determination of the sample
obtained as many as 384 samples. The data collection technique in this study was
carried out by distributing questionnaires to respondents. Furthermore, the data
management and analysis technique used in this study is to use quantitative data
analysis with the help of the SPSS version 26 program. The stages in the data
analysis technique in this study use instrument tests, analysis requirements tests,
hypothesis testing, and the method of analysis used is multiple linear regression
analysis method.
The results showed that partially the live streaming variable has a significant
influence on purchasing decisions seen from the comparison of t count> t table
(8.535> 1.966) with a significant value of 0.000 < 0.05, and Testimonials (X2)
have an effect on Purchasing Decisions (Y) seen from the comparison of t count> t
table (8.635 > 1.966) with a significant value of 0.000 < 0.05. live streaming and
testimonial variables simultaneously have a significant influence on shopee e
commerce purchasing decisions on students seen from the value of f count> f table
(355.494 > 3.02). The results of the R² test calculation obtained a contribution of
65.1% while the remaining 34.9% was influenced by other variables outside this
study.
Keywords: Purchasing Decisions. Live Streaming, Testimonials.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 08 Jul 2024 00:17
Last Modified: 08 Jul 2024 00:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item