EFEKTIVITAS TEKNIK TEACHING COPING SELF STATEMENTS DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PALOPO

HASTUTI, WINDI (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK TEACHING COPING SELF STATEMENTS DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK
WINDI HASTUTI, 2024. “Efektivitas Teknik Teaching Coping Self-Statements
Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi
Akademik Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Palopo” Skripsi Program Studi
Bimbingan dan konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Efendi P dan
Muhammad Ilyas.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Teknik Teaching Coping Self
Statements Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku
Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji efektivitas teknik teaching coping self statements
dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi
akademik siswa kelas VIII di SMPN 3 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan
adalah pre-experimen design dengan menggunakan model one group pretest
posttest. Dalam penelitian ini, jumlah populasi 34 siswa, maka penelitian ini
menggunakan teknik pengambilan purposive random sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengalami prokrastinasi akademik.
Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan kuisioner/angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besaran pengaruh Perilaku Prokrastinasi
Akademik sebelum perlakuan dilakukan tes awal (pretest) sebesar 67% kemudian
besaran pengaruh Perilaku Prokrastinasi Akademik sesudah perlakuan Teaching
Coping Self-Statements dilakukan tes akhir (postets) sebesar 99%. Tingkat
perubahan pretets dan postest dimana aspek penundaan untuk memulai dan
menyelesaikan tugas sebesar 94%, pada aspek keterlambatan dalam mengerjakan
tugas sebesar 68%, pada aspek kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual
sebesar 38%, dan pada aspek melakukan aktivitas lain yang menyenangkan sebesar
52%. Sehingga pada Tingkat Peningkatan tinggi menjadi rendah sebelum dan
sesudah diberikan perlakukan rata-rata sebesar 63%.Uji N-Gain Score tersebut,
menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score pada pemberian Konseling
kelompok berfokus solusi adalah sebesar 68,3747 atau 68,3% termasuk dalam
kategori cukup efektif. Dengan N-gain scrore minimal 5,26% dan maksimum
85,71%. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik
Teaching Coping Self-Statements efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi
akademik siswa kelas VIII Di SMPN 3 Palopo dengan sebesar 68,3747 atau 68,3%
termasuk dalam kategori cukup efektif.
Kata Kunci: Akademik, REBT, Perilaku Prokrastinasi, Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:24
Last Modified: 08 Jul 2024 01:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8970

Actions (login required)

View Item View Item