PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KISAH PADA MATERI HIDUP DAMAI DENGAN AKHLAK TERPUJI DI KELAS VII SMP NEGERI 13 PALOPO

NURHAIDA, NASIRAH (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KISAH PADA MATERI HIDUP DAMAI DENGAN AKHLAK TERPUJI DI KELAS VII SMP NEGERI 13 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK
Nasirah Nurhaida, 2024. “Pengembangan Modul Berbasis Kisah pada Materi
Hidup Damai dengan Akhlak Terpuji di Kelas VII
SMP Negeri 13 Palopo”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan. Pembimbing (I) Hj. St. Marwiyah
Pembimbing (II) Arifuddin.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana tahap pengembangan modul
berbasis kisah pada materi hidup damai dengan akhlak terpuji di kelas VII SMP
Negeri 13 Palopo, bagaimana kelayakan modul berbasis kisah pada materi hidup
damai dengan akhlak terpuji di kelas VII.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendidikan dan pengembangan
(researc & development). Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII yang
berjumlah 19 orang. Objek penelitian ini adalah modul pendidikan agama Islam
materi hidup damai dengan akhlak mulia di kelas VII. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, dan angket. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian mengemukakan bahwa tahap pengembangan modul
berbasis kisah pada materi hidup damai dengan akhlak terpuji kelas VII SMP
Negeri 13 Palopo menggunakan modul ADDIE meliputi; Pertama, tahap analisis.
Tahap analisis terbagi menjadi dua yaitu analisis kebutuhan dan analisis kurikulum.
Kedua, tahap desgin yang menitik beratkan pada rancangan-rancangan pembuatan
modul bahan ajar. Ketiga, tahap development atau tahap penyususnan dan
pembuatan bahan ajar. Keempat, tahap impelementation atau tahap penerapan
modul bahan ajar sesuai dengan fungsi dan tujuan dalam pembelajaran. Kelima,
tahap evaluasi atau tahap penilaian produk yang dikembangkan tersebut sesuai
dengan tujuan penelitian atau tidak. Secara keseluruhan penilaian yang dilakukan
oleh validator ahli materi dan media diperoleh hasil yang sangat valid. Kelayakan
modul berbasis kisah pada materi hidup damai dengan akhlak terpuji di kelas VII
SMP Negeri 13 Palopo pengembangn modul bahan ajar.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Berbasis Kisah, Hidup Damai, Terpuji.
xxiv
ABSTRACT
Nasirah Nurhaida, 2024. "Development of a Story-Based Module on Peaceful
Living with Praiseworthy Morals in Class VII SMP
Negeri 13 Palopo". Thesis. Islamic Religious
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training. Supervisor (I) Hj. St. Marwiyah
Supervisor (II) Arifuddin.
This thesis discusses the stages of developing a story-based module on
material on living peacefully with commendable morals in class VII of SMP Negeri
13 Palopo, how appropriate the story-based module on material living peacefully
with commendable morals is in class VII.
This research uses the type of educational research and development
(research & development). The research subjects were 18 class VII students. The
object of this research is the Islamic religious education module on living peacefully
with noble morals in class VII. The data collection techniques used were learning
media validation sheets and questionnaires. The data analysis techniques used are
qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis.
The research results show that the stage of developing a story-based module
on peaceful living with commendable morals for class VII SMP Negeri 13 Palopo
using the ADDIE module includes; First, the analysis stage. The analysis stage is
divided into two, namely needs analysis and curriculum analysis. Second, the
design stage which focuses on designs for making teaching material modules.
Third, the development stage or the stage of preparing and making teaching
materials. Fourth, the implementation stage or the stage of applying teaching
material modules according to the function and objectives of learning. Fifth, the
evaluation stage or assessment stage whether the product being developed is in
accordance with the research objectives or not. Overall, the assessment carried out
by material and media expert validators obtained very valid results. Feasibility of
story-based modules on peaceful living with commendable morals in class VII SMP
Negeri 13 Palopo, developing teaching material modules.
Keywords: Development, Module, Story Based, Peaceful Living, Praiseworthy.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:25
Last Modified: 08 Jul 2024 05:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item