ASHAR, MUH (2023) STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG (Studi Kasus Pasar Belawa Baru Kecamatan Malangke). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (81kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
xx
Muh. Ashar, 2023. “Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional Dalam
Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pasar
Belawa Baru Kecamatan Malangke)” Skripsi Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Rismayanti.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Pengelolaan Pasar
Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang serta Bagaimana strategi
yang tepat pendekatan analisis SWOT terhadap strategi pengelolaan pasar
tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang dan konsumen di Pasar
Belawa Baru Kecamatan Malangke.
Metode Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan
jenis pendekatan deskriptif dan metode Min-Max didasarkan pada observasi fisik
atau melalui pencatatan dalam sistem akuntansi. Dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam
penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini
menggunakan teknis Analisis SWOT yang berisi kolaborasi antara faktor internal
dan eksternal perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan dari analisis
SWOT ada empat yakni, Strategi SO : meningkatkan renovasi dan revitalisasi
yang ada di Pasar Belawa Baru Kecamatan Malangke setiap tahunnya,
meningkatkan dan mempertahankan kebersihan lingkungan pasar dan pelayanan
guna mempertahankan pelanggan. Strategi WO : memberikan pengarahan kepada
pedagang agar dapat memilah sampah dan menjaga kebersihan, kerjasama antara
kantor pengelola, pedagang, dan koperasi dalam peminjaman dana modal. Strategi
ST : menjaga kualitas dagangan dan kebersihan pasar serta bersaing dengan harga
yang lebih murah dengan memperluas pemasok di Pasar Belawa Baru Kecamatan
Malangke. Strategi WT
: Melakukan pengarahan kepada pelaku usaha dalam segi pengetahuan
pengelolaan barang yang ditawarkan, kreatifitas penataan produk dan menjalin
hubungan baik dengan pelanggan.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pengelolaan, Pasar Tradisional,
Kepuasan Pedagang dan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 00:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 00:24 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9029 |
Actions (login required)
View Item |