ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NASABAH NON MUSLIM MENGGUNAKAN TABUNGAN BANK SYARIAH INDONESIA KCP RATULANGI PALOPO

HASFIRA, HASFIRA (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NASABAH NON MUSLIM MENGGUNAKAN TABUNGAN BANK SYARIAH INDONESIA KCP RATULANGI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK
Hasfira, 2024. ―Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Non Muslim menggunakan
Tabungan Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi Palopo”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institus Agama Islam Negeri Palopo, Dibimbing oleh M. Iksan Purnama.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Non Muslim
menggunakan Tabungan Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi Palopo.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan nasabah
non muslim menggunakan tabungan Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan
studi kasus. Penelitian ini dilakukan di BSI KCP Ratulangi Palopo, untuk
mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan informan pada penelitian ini yaitu nasabah Non Muslim
yang sedang menggunakan tabungan Bank Syariah Indonesia. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan nasabah non muslim mengunakan
Bank Syariah Indonesia yaitu benar-benar puas karena sebagian nasabah Non
Muslim telah memahami penggunaan tabungan pada bank syariah, tetapi masih
ada beberapa yang perlu dikaji seperti akad-akad apa yang cocok digunakan oleh
nasabah non muslim yang tentu saja belum sepenuhnya paham tentang prinsip
syariah. Pelayanan dan kemudahan akses transaksi membuat nasabah tertarik
untuk menggunakan tabungan BSI dan juga berbagai promosi yang disediakan
oleh BSI, kemudian lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau
memberikan ketertarikan nasabah untuk menggunakan BSI. Dan bukan hanya itu
rasa ketertarikan tentu tidak membedakan antar umat beragama dalam pelayanan
yang dinilai positif bagi setiap nasabah yang bergabung menggunakan tabungan
Bank Syariah Indonesia.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Bank Syariah Indonesiaxxi
ABSTRACT
Hasfira, 2024. ―Analysis of the Level of Satisfaction of Non-Muslim Customers
using Bank Syariah Indonesia Savings KCP Ratulangi Palopo." Sharia
Banking Study Program Thesis, Faculty of Economics and Islamic
Business, Palopo State Islamic Institute, Supervised by M. Iksan
Purnama.
This thesis discusses the Analysis of Non-Muslim Customer Satisfaction Levels
using Bank Syariah Indonesia Savings KCP Ratulangi Palopo. This research aims:
to find out the level of satisfaction of non-Muslim customers using Bank Syariah
Indonesia savings. The type of research used in the research is descriptive
qualitative with a case study approach. This research was conducted at BSI KCP
Ratulangi Palopo, to obtain data in this research using observation, interviews and
documentation, while the informants in this research were non-Muslim customers
who were using Bank Syariah Indonesia savings. The results of this research can
be concluded that the level of satisfaction of non-Muslim customers using Bank
Syariah Indonesia is truly satisfied because some non-Muslim customers
understand the use of savings at Islamic banks, but there are still some things that
need to be studied, such as what contracts are suitable for use by customers. non-
Muslims who of course do not fully understand the principles of sharia. The
service and easy access to transactions make customers interested in using BSI
savings and also the various promotions provided by BSI, then the very strategic
and easy to reach location makes customers interested in using BSI. And not only
that, the feeling of interest certainly does not differentiate between religious
communities in services that are considered positive for every customer who joins
using Bank Syariah Indonesia savings.
Keyword: Satisfaction Level, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2024 00:48
Last Modified: 10 Jul 2024 00:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9035

Actions (login required)

View Item View Item