MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA SDN 381 KANAN KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU

WAHYUNI, AGUSTRI (2020) MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA SDN 381 KANAN KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of ABSTAK.pdf] Text
ABSTAK.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK
Agustri Wahyuni, 2020.“Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa SDN
381 Kanan Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hj. St. Marwiyah, M.
Ag. dan Mawardi, S. Ag., M. Pd. I.
Skripsi ini membahas tentang manajemen pengelolaan kelas dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam untuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa SDN 381
Kanan Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengetahui pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islamuntuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa; untuk
mengetahui hambatan yang dihadapi guru Pendidikn Agama Islam dalam
meningkatkan mutu pembelajaran siswa.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif yang berlokasi di SDN 381 Kanan Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten
Luwu. Subjek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Siswa SDN
381 Kanan dan kepala sekolah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan
Manajemen Pengelolaan kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN
381 Kanan Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu telah berjalan dengan baik,
penggunaan waktu dan ruang kelas dapat dioptimalkan, suasana belajar yang kondusif
dapat tercapai, serta perencanaan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
berlangsung dengan baik; (2) hambatan/kendala yang dihadapi guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa yaitu siswa belum bisa
membaca tulisan bahasa Arab, lambat membaca, faktor waktu yang kurang saat
mengajar, perbedaan pengetahuan yang didapat di sekolah dengan di lingkungannya,
karakter siswa yang berbeda-beda, takut bertanya bagi siswa, model pembelajaran yang
sulit diterapkan untuk siswa, dan penilaian yang sulit untuk Kurikulum 2013.
Kata Kunci:Manajemen Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam, Mutu
Pembelajaran Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2024 00:59
Last Modified: 11 Jul 2024 00:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item View Item